ETLE Mobile di Kendaraan Patroli Diuji Coba Keliling Jakarta Hari Ini

fea | CNN Indonesia
Rabu, 07 Des 2022 07:08 WIB
Polda Metro Jaya menguji coba ETLE mobile di 11 kendaraan patroli pada hari ini, Rabu (7/12), di ruas jalan yang tak ada ETLE statis. Polda Metro Jaya menguji coba ETLE mobile di 11 kendaraan patroli pada hari ini, Rabu (7/12), di ruas jalan yang tak ada ETLE statis. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kendaraan patroli Polda Metro Jaya yang sudah dilengkapi kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) diuji coba menjalankan sistem tilang elektronik mulai hari ini, Rabu (7/12).

Sebanyak 11 kendaraan patroli dengan kamera ETLE jenis mobile ini akan keliling jalan-jalan protokol dan ruas jalan di Jakarta yang belum terpasang kamera statis untuk memantau dan mendokumentasikan pelanggaran lalu lintas.

"Ini sudah coba ke masyarakat, untuk melakukan penindakan pada Rabu (7/12)," kata Kombes Pol Latif Usman, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, disitat dari Antara, Selasa (6/12).

ETLE mobile lebih dinamis ketimbang ETLE statis yang lokasinya permanen. Saat ini Polda Metro Jaya punya 57 titik kamera ETLE statis, jumlah itu bakal ditambah 70 unit tahun depan.

ETLE mobile di kendaraan patroli memungkinkan kamera berhadapan langsung dan lebih dekat ke pelaku pelanggaran lalu lintas. Selain di kendaraan patroli, jenis kamera lain ETLE mobile adalah yang dibawa petugas seperti ponsel.

Kamera ETLE kini jadi andalan kepolisian usai Kapolri Listyo Sigit Prabowo melarang tindak tilang manual hingga akhir tahun ini. Kebijakan ini sudah menghasilkan beragam respons masyarakat dan juga penyesuaian kepolisian.

Polda Metro Jaya memberlakukan lagi tilang manual untuk pelanggaran-pelanggaran tertentu yang dianggap perlu seperti mencopot pelat nomor, menggunakan pelat nomor palsu, balap liar dan knalpot brong.

Jenis Kamera ETLE Andalan Polisi Saat Dilarang Tilang ManualJenis Kamera ETLE Andalan Polisi Saat Dilarang Tilang Manual. (CNNIndonesia/ Agder Maulana)

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER