Hyundai Suntik Mati Ioniq Electric di Indonesia

CNN Indonesia
Rabu, 07 Des 2022 18:30 WIB
Di global, Ioniq Electric sudah mengaspal sejak 2016. Namun, di Indonesia Hyundai baru menjual produk ini secara resmi pada November 2020, dan dihentikan 2022. Hyundai Ioniq Electric sedan. (Foto: Hyundai/ULI_SONNTAG)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hyundai Motors Indonesia tidak lagi memasarkan Hyundai Ioniq Electric sedan. Artinya, mobil listrik yang diimpor langsung dari negara asalnya, Korea Selatan itu bakal disuntik mati.

Makmur, selaku Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengatakan sebagai pengganti pihaknya menjual Ioniq 5 untuk pasar Indonesia.

"Ioniq memang sudah discontinue. Yang masih dijual adalah Kona EV CBU dan Ioniq 5," kata Makmur, seperti dikutip dari detik, Rabu (7/12).

Di global, Ioniq Electric sudah mengaspal sejak 2016. Namun, di Indonesia Hyundai baru menjual produk ini secara resmi pada November 2020.

Penghentian penjualan Hyundai Ioniq di Indonesia ini sejalan dengan keputusan prinsipal yang menghentikan produksi Ioniq Electric di Pabrik Ulsan, Korea Selatan per Juli 2022.

"Penghentian Ioniq di seluruh dunia merupakan keputusan yang telah lama direncanakan oleh Hyundai untuk memenuhi permintaan konsumen yang terus berubah di sektor otomotif," demikian pernyataan resmi Hyundai.

"Namun, Ioniq akan tetap menjadi pelopor sejati yang mengguncang industri dan menetapkan jalan menuju kisah sukses yang telah menjadi jajaran Ioniq EV saat ini," lanjut pernyataan tersebut.

Saat pertama kali diluncurkan, Hyundai membanderol harga Ioniq Electric dengan harga Rp624,8 juta untuk varian Prime. Sementara, untuk varian Signature dijual lebih mahal, yakni Rp664,8 juta.

Mobil ini dilengkapi motor listrik 100 kW dan punya fitur yang membuat perlambatan, pengereman, dan gas dapat dilakukan dengan satu pedal. Menurut Hyundai, Ioniq Electric bertenaga 118 hp dan torsi puncak 295 Nm.

Pengecasan menggunakan perangkat ini butuh waktu 15-17 jam menggunakan sumber listrik rumahan. Hyundai Ioniq Electric dilengkapi baterai berkapasitas 38,3 kWh yang jika terisi penuh bisa membuat mobil menempuh jarak sampai 373 km. Efisiensi konsumsi mobil ini disebut 0,138 kWh per km.

Ioniq Electric adalah sedan jenis liftback yang bermuatan lima penumpang. Ukuran panjangnya 4.470 mm, lebar 1.820 mm, tinggi 1.475 mm, dan ground clearance 150 mm.

Ioniq Electric juga mempunyai sejumlah fitur yang mendukung keselamatan selama mengemudi seperti tujuh airbag, ABS, hill start assist, Blind-Spot Collission Warning (BCW) hingga informasi soal tekanan pada keempat ban.

Terdapat juga layar sentuh delapan inci sebagai pusat hiburan dan sunroof.

[Gambas:Video CNN]



(dmr/mik)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER