Pakar Urai Bahaya Moge Masuk Tol yang Diminta Klub Harley-Davidson

CNN Indonesia
Selasa, 10 Jan 2023 16:40 WIB
Menurut pakar keselamatan berkendara moge masuk tol berbahaya bagi semua pihak, pengendara atau pengguna jalan lain. Menurut pakar keselamatan berkendara moge masuk tol berbahaya bagi semua pihak, pengendara atau pengguna jalan lain. (skeeze/pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pakar keselamatan berkendara Jusri Pulubuhu menilai permintaan agar motor gede atau moge dapat melintasi jalan tol justru berbahaya. Menurut dia dalam aturan di Indonesia pun melarang motor, termasuk moge, melintasi jalan tol.

Menurut Jusri dari perspektif keselamatan, moge melintasi jalan tol dinilai tak aman bagi semua pihak, baik itu pengendara moge maupun pengendara lainnya.

"Saya rasa ini enggak aman bagi para pengguna jalan tol, baik itu pengemudi moge dan pihak lain. Itu ada mobil kecil, angkutan umum, truk," ujar Jusri saat dihubungi, Selasa (10/1).

Menurut Jusri saat ini kondisi lalu lintas di ruas jalan tol Indonesia belum tertib. Masih banyak ditemukan lane hogger atau pengemudi dengan kecepatan statis yang tetap berada di lajur kanan, kemudian mobil yang masih sering berpindah-pindah jalur.

Ia menilai bila moge masuk ke jalan tol justru membahayakan si pengendara. Apalagi moge bisa dikategorikan kendaraan kecil dibanding mobil atau bus dan truk yang melintas di jalan tol

"Artinya apa? Kalau ada kendaraan kecil, roda dua bercampur di situ, ini tentu sangat membahayakan karena kecepatan relatif tinggi, sedangkan motor-motor ini kan dimensinya kecil. Bisa saja mereka tidak terlihat," ujar dia.

Jusri mengatakan bisa saja moge atau motor melintasi jalan tol, namun yang sesuai aturan yaitu memiliki pembatas dan terpisah dari jalur kendaraan lain. Jalan tol yang bisa dilintasi motor saat ini hanya satu yaitu di Tol Bali Mandara, sebelumnya Jembatan Tol Suramadu juga punya fasilitas itu namun diputuskan gratis sejak 2015.

"Kecuali infrastruktur jalan tol dibuat khusus seperti Tol Suramadu atau Tol Bali Mandara yang dibuat jalur khusus pemotor, sehingga pengguna ranmor lain enggak bisa masuk jalur motor," jelas Jusri.

"Kalau dicampur maka akan mudah terjadi kecelakaan, kenapa? Karena tingkat kedisiplinan para pengguna jalan tol existing masih kacau, tidak tertib," imbuhnya.

Sebelumnya viral video yang menunjukkan komunitas moge meminta akses melintasi jalan tol viral di media sosial.

Dalam video itu, Irianto Ibrahim selaku Presiden Motor Besar Club Indonesia (MBCI), menyampaikan dirinya sudah memperjuangkan agar moge bisa melintasi jalan tol. Video tersebut tayang dalam kanal Youtube Icha BigBike pada Agustus 2022.

"Saya perjuangkan moge masuk tol ini mungkin udah 10 tahun lebih dan tidak bosan-bosan, hampir setiap tahun teriak," kata Irianto, sebagaimana dikutip Selasa (10/1).

(dmr/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER