Minta Akses Masuk Tol, Klub Moge Sampai Kirim Surat ke 'Bro Jokowi'

CNN Indonesia
Rabu, 11 Jan 2023 14:00 WIB
Motor Besar Club Indonesia menyebut sempat mengirim surat terbuka ke Jokowi meminta dibukakan akses masuk jalan tol. Motor Besar Club Indonesia menyebut sempat mengirim surat terbuka ke Jokowi meminta dibukakan akses masuk jalan tol. (Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komunitas sepeda motor gede atau moge mengaku sudah pernah membuat surat terbuka ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta akses dapat melintasi jalan tol. Upaya moge masuk jalan tol ini juga disebut dilakukan saban tahun dan sudah sejak 10 tahun lalu.

Irianto Ibrahim, Presiden Motor Besar Club Indonesia (MBCI), mengatakan pihaknya sempat bersurat ke Jokowi tetapi belum dibalas.

"Kita pernah kirim surat terbuka ke Pak Jokowi, tapi kan tidak semudah itu, karena beliau juga sibuk," ungkap Irianto saat dihubungi, Rabu (11/1).

Menurut pria yang akrab disapa Rian ini, dirinya ingin menyampaikan usulan itu langsung ke Jokowi. Namun, hal itu belum bisa terealisasi.

Rian mengatakan dirinya sudah lebih dari 10 tahun meminta pemerintah melegalkan moge dapat akses di jalan tol. Namun, usulan tersebut sampai saat ini belum digubris.

Ia berujar apabila usulan itu disetujui, Jokowi akan tercatat dalam buku sejarah sebagai presiden Indonesia pertama yang mengizinkan moge melintasi jalan tol.

"Kalau memang Pak Jokowi ini (mengizinkan), ini sejarah buat Pak Jokowi, artinya negara kita bukan yang ecek-ecek, negara hebat ini. Jadi kita minta banget sama Bro Jokowi sebagai Presiden Indonesia, ayo ini kan bisa menambahkan devisa non-pajak, luar biasa," tuturnya.

Ia sebelumnya juga sempat membeberkan alasan meminta akses untuk moge melintasi jalan tol. Menurut dia hal ini agar tidak mengganggu pengguna jalan lainnya di jalan umum.

"Belum lagi misalnya kami ini touring bersama, padahal kami sudah ada kawalan (polisi), resmi loh. Yah tau sendiri, kami lewat sedikit ribut, dibilang macet lah, mengganggu, Intinya kami tidak mau mengganggu," ungkapnya.

Selain itu menurut Rian dibukanya akses tol bakal motor dapat memberi keuntungan ke negara melalui devisa dari para pelancong yang doyan touring menggunakan moge.

Ia bercerita selama ini banyak rekannya dari negara lain tertarik menikmati alam Indonesia melalui touring sepeda motor, namun mengurungkan niat karena kebijakan roda dua masuk tol di Tanah Air belum ada.

"Karena mereka tau di negara lain itu motor bisa masuk tol, jadi gampang. Nah di Indonesia tuh belum. Jadi motor ya lewat jalur biasa, jalurnya begitu. Padahal mereka tau Indonesia itu bagus," kata Rian.

[Gambas:Video CNN]

(dmr/fea)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER