Cip Semikonduktor Langka, Honda Setop Pemesanan Civic Type R

CNN Indonesia
Rabu, 25 Jan 2023 11:00 WIB
Honda telah menyampaikan permintaan maaf kepada pelanggan di Jepang karena untuk sementara menyetop pemesanan Civic Type R. Ilustrasi. Produksi Honda Civic Type R terkendala cip semikonduktor. (Foto: Courtesy Honda)
Jakarta, CNN Indonesia --

Honda menyetop pemesanan Civic Type R di Jepang karena inden sampai lebih dari setahun. Keputusan ini tak lepas dari lambatnya proses produksi imbas kelangkaan cip semikonduktor.

Honda telah menyampaikan permintaan maaf kepada pelanggan di Jepang karena untuk sementara menyetop pemesanan Civic Type R. Honda juga belum bisa memastikan kapan akan mulai menerima pesanan untuk mobil ini.

"Sejak diluncurkan, Civic Type R telah diterima dengan baik oleh pelanggan dan kami telah menerima sejumlah besar pesanan," demikian bunyi keterangan Honda.

"Di sisi lain, karena dampak penyebaran virus Corona baru, kelangkaan cip semikonduktor, distribusi suku cadang yang tidak stabil dan keterlambatan logistik, sulit memperkirakan produksi untuk ke depannya," lanjut keterangan tersebut.

Dalam keterangan di laman resminya, Honda juga mengatakan saat ini mereka fokus menyelesaikan pesanan yang sudah masuk agar konsumen bisa segera mendapatkan mobil mereka.

Berdasarkan informasi terkini setiap konsumen yang memesan Civic Type R di Jepang harus menunggu "lebih dari setahun" untuk mendapatkan mobil tersebut. Ini menandakan gangguan rantai pasokan di seluruh dunia belum sepenuhnya terhenti.

Semua Civic Type R dibuat di pabrik Honda di Yorii, Saitama, Jepang, sementara mesinnya diproduksi di Ohio, Amerika Serikat. Chris Naughton, juru bicara Honda AS mengatakan masalah yang terjadi di Jepang tidak akan mempengaruhi pasar AS.

"Pasar Jepang berbeda karena pelanggan di sana mengirimkan pesanan langsung melalui Honda Motor atau dealer mereka. Di AS kami mengalokasikan produksi ke dealer dan mereka menjual kepada konsumen," kata Chris.

"Produksi Type R telah dialokasikan di AS sejak awal dalam jumlah terbatas, dan itu berlanjut," imbuhnya.

Sementara itu, di Indonesia juga tidak bakal terdampak langsung masalah ini. Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Honda Prospect Motor mengatakan pihaknya saat ini belum memasarkan Civic Type R baru di Tanah Air.

"Kami belum memasarkan generasi terbaru untuk Honda Civic Type R di sini," ujar Billy singkat.

Civic Type R generasi keenam resmi diperkenalkan pada Juli tahun lalu. Mobil ini dipersenjatai mesin 2.000 cc turbocharged yang bisa menyemburkan 326 hp dan torsi yang dihasilkan 420 Nm.

[Gambas:Video CNN]



(dmr/mik)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER