Sinyal Kuat Suzuki Grand Vitara Bakal Meluncur di Indonesia

CNN Indonesia
Rabu, 25 Jan 2023 13:00 WIB
Suzuki Grand Vitara bakal meluncur di Indonesia, mobil ini akan menjadi model termahal Suzuki di dalam negeri. Suzuki Grand Vitara. (marutisuzuki.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Suzuki Indomobil Sales (SIS) memastikan bakal merilis satu produk baru segmen Sport Utility Vehicle (SUV), tepatnya di Indonesia International Motor Show (IIMS) yang akan berlangsung pada Februari 2023. Produk kejutan ini kemungkinan generasi anyar Grand Vitara.

Pada akun media sosial, Suzuki menyatakan informasi mengenai
calon produk anyarnya dengan sebuah pertanyaan 'tebak siapa yang kembali?' Tertulis juga waktu peluncuran akan dilakukan pada 16 Februari di IIMS.

Tidak hanya itu merek berlogo S tersebut turut membagikan gambar siluet samping yang memperlihatkan lekuk kendaraan berjenis SUV.

Berdasarkan gambar dan ulasan yang ditulis Suzuki, patut diduga mobil tersebut adalah Grand Vitara terbaru.

[Gambas:Instagram]

Harold Donnel, Head of Brand Development & Marketing Research 4W SIS yang dihubungi enggan berbicara rinci mengenai produk tersebut. Menurut dia mobil tersebut menjadi komitmen Suzuki menghadirkan berbagai pilihan kendaraan SUV hingga 2025.

"Mengacu pada salah satu pesan Presiden Direktur kami di salah satu event motor show 2022 dimana Suzuki berkomitmen meluncurkan produk-produk SUV sampai 2025. Maka ini salah satu jawaban dari pesan tersebut," kata Harold melalui pesan singkat, Rabu (25/1).

Ia menambahkan informasi lanjutan mengenai mobil tersebut akan diungkap pada kesempatan terpisah. Harold juga tidak memberi bantahan mengenai dugaan model Grand Vitara yang akan menjadi produk baru.

"Untuk informasi yang lain akan kami sampaikan pada saat prosesi di tanggal Februari nanti di IIMS 2023. Stay tune," ucap dia.

Grand Vitara bukan produk yang benar-benar baru untuk konsumen Indonesia. Sebelumnya Suzuki sempat memasarkan mobil tersebut namun status impornya dari Jepang selesai sejak 2018.

Sebelum disuntik mati, Suzuki mengakui penjualan SUV tersebut secara retail meredup sehingga perusahaan hanya mengandalkan pemasaran dari sisi fleet kepada institusi swasta atau pemerintah.

Suzuki di Indonesia juga pernah memproduksi Grand Vitara 2.000 cc pada 2000-an tapi belakangan model bermesin 2.400cc diubah skemanya menjadi impor.

Di sisi lain, Grand Vitara generasi baru yang akan meluncur lagi di Indonesia kemungkinan bakal berasal dari India.

Pekan lalu Suzuki India mengumumkan sudah mulai mengekspor Grand Vitara. Pengapalan awal menuju Amerika Latin, namun total target ada 60 negara termasuk di kawasan ASEAN, Timur Tengah, Afrika.

Infografis Rapor Penjualan Mobil Baru Indonesia 2022Infografis Rapor Penjualan Mobil Baru Indonesia 2022. (Basith Subastian/CNNIndonesia)
(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER