Di Balik Layar Wikipedia

Wikipedia dan Kisah Tapi Bohong Deng

Aditya Panji, CNN Indonesia | Kamis, 06/11/2014 13:15 WIB
Wikipedia dan Kisah Tapi Bohong <i>Deng</i> Vandalisme masih menjadi masalah terbesar pada ensiklopedia bebas Wikipedia bahasa Indonesia (CNN Indonesia/Gito Yudha Pratomo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mira Febri Mellya membaca artikel tentang Gioachino Rossini di Wikipedia bahasa Indonesia, 29 Februari 2012. Mira dibuat kagum dengan perjalanan hidup komponis asal Italia itu yang ditulis pernah memproduksi opera pertamanya di Yogyakarta ketika berusia 18 tahun. Mira melanjutkan bacaannya dan kini dibuat bingung karena di akhir kalimat terdapat keterangan: “(tapi bohong deng).”

Ia pergi mengunjungi halaman Gioachino Rossini di Wikipedia bahasa Inggris. Kisah berbeda ditemukan. Rossini tidak memproduksi opera pertamanya di Yogyakarta, melainkan di Venice, Italia.

Mira, yang kala itu baru menyelesaikan studi sarjana, menyadari ada yang melakukan perusakan terhadap konten di Wikipedia bahasa Indonesia. “Waktu itu kaget. Karena saya cukup mengandalkan Wikipedia untuk cari tahu sesuatu,” kata Mira.


Vandalisme masih menjangkiti situs ensiklopedia Wikipedia. Sifatnya yang terbuka membuat siapa saja dapat menulis, menambahkan, atau mengurangi artikel. Sayang, tak semua pengguna memiliki visi sama: mempercepat perluasan ilmu pengetahuan secara bebas di jalur online.

Jenis perusakan paling umum di Wikipedia meliputi kata humor, promosi, hingga informasi palsu. Ada pula artikel yang dinilai tidak pantas untuk dimasukkan dalam sebuah ensiklopedia.

Sejumlah vandalisme dapat diperbaiki dengan cepat. Ada pula yang membutuhkan waktu lama. Contohnya, pada artikel biografi tokoh politik John Seigenthaler. Pada tahun 2005, seseorang menulis bahwa Seigenthaler adalah tersangka kasus pembunuhan mantan Presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy. Artikel ini terus-menerus disunting oleh para pengguna selama empat bulan.

Seigenthaler, yang juga pendiri media massa USA Today, bertanya pada pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, siapa gerangan yang menulis informasi salah dan menyesatkan tersebut? Wales menjawab ia tidak bisa mengidentifikasinya, walaupun akhirnya dilakukan penelusuran.


Setelah kejadian itu, Seigenthaler mengatakan bahwa Wikipedia adalah “alat penelitian cacat dan tidak bertanggungjawab.” Insiden ini menyebabkan perubahan kebijakan di Wikipedia untuk memperketat aturan penulisan pada artikel biografi orang yang masih hidup.

Hal macam ini memang jadi risiko dari sebuah proyek urun daya (crowdsourcing) di mana konten dapat diubah setiap saat dan oleh siapa saja.

Wikipedia dalam dunia pendidikan

Sejumlah perguruan tinggi di Indonesia tidak menegakkan aturan yang melarang mahasiswa mengutip artikel di Wikipedia untuk karya ilmiah, antara lain Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung. Namun, ada kesepakatan tidak resmi antara para dosen untuk membatasi penggunaan Wikipedia.

“Sebagai pengajar program pascasarjana UI saya tidak mengizinkan (Wikipedia-red) dijadikan rujukan utama, atau berkenaan dengan konsep, definisi, atau teori. Hanya boleh untuk rujukan data,” ucap Riant Nugroho, Dosen Pascasarjana Ilmu Ekonomi Universitas Indonesia.

Riant, yang juga pakar kebijakan publik, mengaku selalu mengawasi mahasiswa dalam mengutip sumber dalam karya ilmiah. Ini sekaligus menguji mahasiswa untuk jujur pada dirinya sendiri.

Kemudahan mengakses konten pengetahuan di internet di satu sisi membuat para dosen khawatir, generasi berikutnya menjadi “generasi copy-paste” dan ingin instan.

Era serba cepat menciptakan konsekuensi baru yang kadang tidak disadari oleh banyak pihak, yaitu terkikisnya unsur validitas, kata Dimitri Mahayana, Dosen Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung. Ia pun khawatir seseorang menjadi tunduk pada kesalahan dan kepalsuan informasi di internet yang dibuat secara sengaja.

Dalam hal ini, menurut Dimitri, mahasiswa harus mengerti bahwa Wikipedia, dan konten pengetahuan lain di internet, tidak sempurna. Jalan keluarnya adalah, diperlukan komparasi referensi dari publikasi fisik yang diakui kredibilitasnya atau bertanya langsung pada ahli untuk mengungkap kebenaran-kebenaran baru. Jika ingin membeli buku elektronik, harus dipastikan bahwa buku itu asli dan tidak ada perubahan konten.

“Jangan sampai karya ilmiah tidak bisa dipertanggungjawabkan karena cari cepat. Kalau mahasiswa mengabaikan ini, maka mereka terjebak dalam kehancuran,” tegasnya.

Para pengurus dan birokrat Wikipedia sendiri tidak menganjurkan pembaca untuk mengutip artikel dalam karya ilmiah. Jika hendak mengutip, mereka menganjurkan pembaca untuk melihat bagian Referensi pada halaman artikel yang bersangkutan, lalu membaca dengan seksama.

Salah satu pengurus Wikipedia bahasa Indonesia, Bonaventura Aditya Perdana, mengaku selalu memberi tahu teman-temannya untuk membaca referensi informasi di Wikipedia, bukan dengan mengutip mentah-mentah artikelnya. Ia mengibaratkan Wikipedia adalah sebuah ruang yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber.

Pemuda yang akrab disapa Bona ini sekarang sedang menjalani studi psikologi di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, sejak 2013. Ia bergabung di Wikipedia pada Juli 2012 ketika masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas. Bona menilai Wikipedia telah mengajarkannya disiplin menulis dengan semangat berbagi ilmu pengetahuan.

“Ada banyak hal positif yang saya dapat di Wikipedia, terutama untuk melatih menulis artikel ensiklopedia dengan bahasa yang formal. Ini bukan pekerjaan mudah,” ucap Bona.

Ia sendiri adalah pengurus yang aktif memberantas vandalisme di Wikipedia bahasa Indonesia dengan cara rajin mengecek pembaruan terkini. Kata humor merupakan bentuk vandalisme yang paling sering ditemui Bona. “Misalnya informasi seorang artis ditulis tinggal di kolong jembatan,” jelas Bona. Selain itu, ada juga upaya pemutarbalik fakta.

Kepalsuan informasi yang ditemukan oleh Mira dalam artikel Gioachino Rossini di Wikipedia bahasa Indonesia, menurut pelacakan Bona, dilakukan oleh pengguna anonim. Pengguna yang tidak mendaftarkan akun di Wikipedia itu merusak artikel pada 29 Februari 2012 sekitar pukul 14.11 WIB.

Berantas vandalisme

Ketika perusakan dilakukan oleh akun anonim, riwayat penyuntingan masih bisa ditelusuri namun pelakunya agak sulit dilacak karena tidak memiliki akun. Di sini, mereka diharapkan sadar diri untuk melakukan pendaftaran di Wikipedia agar resmi menjadi pengguna.

Sejumlah langkah teknis telah dilakukan Wikipedia untuk mengatasi perusakan artikel, termasuk melakukan pembatasan hak akses menyunting pada artikel. Pengguna yang dipercaya menjadi pengurus dan birokrat memainkan peran penting di sini.

Birokrat Wikipedia bahasa Indonesia, Ivan Lanin menjelaskan, pengurus memiliki hak untuk melindungi artikel atau melakukan bersih-bersih atas tindakan perusakan. Pengurus juga punya hak untuk menghapus artikel. Sementara birokrat, punya hak yang sama dengan pengurus dan bisa mengangkat pengurus.


Salah satu upaya pemberantasan vandalisme yang dilakukan pengurus dan birokrat ini terlihat pada saat pemilihan umum presiden tahun 2014. Kala itu, masing-masing kubu calon presiden ternyata telah menyiapkan tim media sosial yang juga terdiri atas penulis-penulis andal untuk menulis di Wikipedia.

“Waktu itu Wikipedia digunakan oleh masing-masing kubu untuk menjelek-jelekkan lawan dan membagus-baguskan kelompoknya. Kami sempat melindungi beberapa artikel untuk sementara,” ujar Ivan.

Tidak sedikit artikel tentang tokoh atau peristiwa yang sedang jadi sorotan publik dan melibatkan kepentingan suatu kelompok, akan mengalami perubahan konten sangat cepat. Para pengurus dan birokrat menyebutnya sebagai “perang suntingan.” Jika hal macam ini terjadi, para pengurus akan segera melindungi artikel dari penyuntingan.

Selain perlindungan artikel, sejak Desember 2012 lalu Wikipedia telah membuat kebijakan “menunda perubahan” pada artikel yang kontroversial di mana perubahan konten hanya bisa dipublikasi jika sudah ditinjau oleh pengurus atau birokrat.

Masyarakat harus paham bahwa Wikipedia bukan dewa. Memang tidak sempurna, seperti halnya manusia.Ivan Lanin
Hingga Oktober 2014, jumlah artikel di Wikipedia telah mencapai 349.882. Dengan 24 pengurus dan 4 birokrat, serta 468 pengguna aktif dan 43 pengguna sangat aktif, mereka mengaku keteteran mengawasi perubahan terkini pada artikel.

“Masyarakat harus paham bahwa Wikipedia bukan dewa. Memang tidak sempurna, seperti halnya manusia. Tapi kami punya prinsip bebaskan pengetahuan agar bisa diakses oleh semua orang,” ucap Ivan.

Ia berharap agar semua orang aktif berkontribusi dan mengawasi penyebaran ilmu pengetahuan lewat Wikipedia —yang sejauh ini berstatus nirlaba, mengandalkan kolaborasi urun daya dan urun dana sukarela agar tetap hidup.

Para akademisi pun mengakui manfaat besar Wikipedia dalam memberi pengetahuan dasar. Dimitri Mahayana menilai Wikipedia adalah proyek urun daya tersukses, terlebih sifat lintas bahasa yang memudahkan seseorang memahami pengetahuan dengan bahasa yang mereka kuasai.

“Saya sangat menghormati orang-orang yang telah berbuat baik di Wikipedia, apa lagi ini bukan pekerjaan yang memberi keuntungan,” tutur Dimitri.

Gelombang pengguna baru akan menjadi penentu terealisasinya misi dermawan Wikipedia.

Sebagai seorang yang pernah dikibuli oleh pengguna Wikipedia, Mira menyadari ensiklopedia online ini bukan sebuah sumber yang dapat dipertanggungjawabkan. Semua informasi harus benar-benar diperiksa ulang guna membuktikan validitasnya.

Ia mengibaratkan Wikipedia adalah sebuah kanvas putih tak bertuan. Ada yang berusaha melukis indah membuat karya seni yang bisa dinikmati semua orang. Ada yang menggunakan untuk menggambar sosoknya sebagus mungkin. Ada pula yang menumpahkan cat secara asal untuk merusaknya.

“Setelah kejadian 'tapi bohong deng' itu harapannya makin banyak orang yang melukis untuk bisa dinikmati semua orang.” Pada akhirnya Mira berkata, “Karena saya selalu memakainya sebagai titik awal."