Di Balik Layar Wikipedia

Jokowi, Prabowo, dan Perang di Wikipedia

Hani Nur Fajrina, Aditya Panji, CNN Indonesia | Kamis, 06/11/2014 19:10 WIB
Jokowi, Prabowo, dan Perang di Wikipedia Pertarungan politik saat Pemilihan Presiden RI 2014 terasa sampai ke Wikipedia sehingga terjadi perang suntingan yang dilakukan para penulis (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertarungan politik saat Pemilihan Presiden RI 2014 terasa hingga ke lingkungan penulis. Mereka memanfaatkan ensiklopedia Wikipedia untuk membagus-baguskan calon presiden yang dijagokan sehingga terjadi “perang suntingan.”

Perang itu terjadi di halaman biografi Joko Widodo dan Prabowo Subianto di Wikipedia bahasa Indonesia. Jumlah suntingan artikel Jokowi dan Prabowo meningkat pesat jelang Pilpres 2014.

Menurut catatan pengurus Wikipedia bahasa Indonesia, artikel Joko Widodo disunting sebanyak 238 kali oleh 77 pengguna selama bulan Mei hingga Juli 2014, bulan-bulan genting jelang hari pencoblosan. Sementara artikel berjudul Prabowo Subianto disunting sebanyak 245 kali oleh 68 pengguna.


Padahal, di sepanjang tahun 2013, jumlah suntingan pada artikel Joko Widodo hanya 126 suntingan oleh 54 pengguna, sementara artikel Prabowo Subianto disunting 22 kali oleh 15 pengguna.

“Jika sebuah artikel terjadi banyak suntingan, kami akan perhatikan gerakannya. Jika terlalu banyak suntingan, kami menyebutnya perang suntingan,” kata Ivan Lanin, birokrat Wikipedia bahasa Indonesia.

Di kala Pilpres 2014, perhatian 24 pengurus dan 4 birokrat Wikipedia bahasa Indonesia terpusat pada artikel Jokowi dan Prabowo. Mereka menjaga agar tidak ada orang yang melakukan perusakan konten. Ada juga upaya perlindungan, yaitu dengan mengunci sebuah artikel agar tak bisa disunting oleh pengguna.


Ivan mengatakan, dua kubu dari calon presiden itu tentu sudah menyiapkan pasukan media sosial, yang termasuk penulis-penulis andal untuk mengisi konten di Wikipedia.

Menurut pantauan CNN Indonesia pada riwayat penyuntingan kedua artikel calon presiden, memang terdapat sejumlah nama yang familiar dan telah dikenal oleh publik sebagai salah satu tim kampanye calon presiden. Uniknya, suntingan terhadap calon wakil presiden tak terlalu terasa "perangnya."

Waktu itu para pengurus juga menemukan akun yang memakai nama pengguna dari organisasi partai. Pemakaian nama akun macam ini tidak sesuai dengan ketentuan di Wikipedia, dan pengurus melakukan pemblokiran pada akun itu.

Di sana juga tercatat banyak suntingan yang dilakukan akun anonim sehingga yang tercatat hanya nomor protokol internet saja (IP address).

Subjudul kontroversi yang kontroversial

Pengurus Wikipedia bahasa Indonesia, Ricky Setiawan mengatakan, jumlah suntingan kedua calon presiden meningkat sangat pesat jelang pencoblosan. “Jumlah suntingan selama Mei sampai Juli meningkat berkali-kali lipat. Untuk Prabowo suntingannya meningkat 10 kali lipat dibandingkan suntingan sepanjang 2013,” katanya saat dihubungi CNN Indonesia awal November lalu.

Untuk Prabowo, bagian yang paling banyak disunting ada pada subjudul “Kontroversi” terkait dugaan penculikkan aktivis yang terus-menerus mengalami perubahan.

Saking seringnya berubah, para pengurus sempat melindungi artikel biografi Prabowo selama sepekan dan akhirnya dibuka kembali. Perlindungan terhadap artikel oleh pengurus dapat dilakukan dalam jangka waktu sehari, tiga hari, sepekan, sebulan, dan setahun.

Kala itu, Ricky berkisah, ada seorang pengguna menulis sesuatu yang bagus-bagus dari Prabowo yang tidak diketahui banyak orang. Para pengurus selalu pantau perilaku pengguna yang seperti ini. Setelah dilacak, ternyata ada beberapa orang yang memang bagian dari tim sukses.

“Waktu itu dia menulis hal-hal positif tentang Prabowo. Tapi, dia selalu melengkapi dengan data referensi yang reliable. Selama referensinya reliable kita tidak akan hapus atau blok,” tegas Ricky.

Wikipedia sendiri punya aturan ketat untuk artikel menyangkut tokoh yang masih hidup. Para penulis harus mematuhi tiga kebijakan, yaitu pemastian, sudut pandang netral, dan bukan riset asli. Bukan riset asli yang dimaksud adalah, materi yang hendak ditulis di Wikipedia itu merupakan hasil dari mengutip sebuah sumber yang telah dipublikasi, bukan dari wawancara dengan orang yang bersangkutan.

CNN Indonesia sempat berbincang dengan salah seorang relawan media sosial Prabowo yang menulis di Wikipedia. Sumber yang enggan disebut namanya ini mengaku telah menulis banyak hal tentang Prabowo di sana.

Konsentrasinya pada Wikipedia dilakukan karena ensiklopedia ini punya pengaruh sangat besar bagi warga yang aktif menggunakan internet. Pencarian konten dari Wikipedia sangat optimal di internet. Google selalu menempatkan Wikipedia pada baris depan pencarian.

Wikipedia dinilai punya pengaruh sangat besar untuk meningkatkan citra, namun bisa juga membunuh karakter seseorang. Bagian yang paling dijaganya adalah subjudul Kontroversi soal penculikkan. Ia sendiri adalah orang yang percaya bahwa Prabowo tidak terlibat dalam penculikan aktivis. "Saya sendiri menulis kata "dugaan penculikkan" pada halaman Pak Prabowo. Saya kira ini masih santun,” ujarnya.

Pria yang telah menulis dua buku tersebut mengklaim tak pernah mengutak-atik artikel Jokowi, namun selalu memantaunya. “Saya tidak pernah sentuh artikel Jokowi,” ucapnya.

Dari sisi artikel Jokowi, Ricky mengatakan sejumlah pengguna mengkritik karena informasi di dalamnya sejauh ini positif. Dalam kolom Pembicaraan, pengguna tersebut mengkritik tak ada Wikipediawan yang mengaitkan Jokowi dengan pembelian bus Transjakarta.

Kendati demikian, komunitas Wikipedia telah menobatkan artikel Jokowi sebagai salah satu artikel terbaik yang dihasilkan oleh komunitas.

Penyuntingan terhadap artikel Jokowi dan Prabowo masih terasa hingga Pilpres 2014 berakhir dan dimenangkan oleh Joko Widodo. Jika ditotal sejak Januari sampai Oktober 2014, artikel Jokowi disunting sebanyak 575 kali oleh 100 pengguna, sementara artikel Prabowo disunting 424 kali oleh 88 pengguna.