Kamera Digital

Samsung Bikin Kamera 3D 360 Derajat

Gito Yudha Pratomo, CNN Indonesia | Jumat, 14/11/2014 07:43 WIB
Samsung mengumumkan Project Beyond, sebuah perangkat kamera 3D yang dapat merekam gambar dengan sudut 360 derajat untuk memperkaya pengalaman virtual reality. Samsung mengumumkan perangkat kamera 3D yang dapat merekam gambar dengan sudut 360 derajat untuk memperkaya pengalaman virtual reality (Getty Images/Justin Sullivan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Samsung ingin menawarkan pengalaman baru dalam menggunakan teknologi kamera. Dalam acara konferensi pengembang aplikasi Samsung 2014 di San Francisco, California, AS, Kamis (13/11), perusahaan ini mengumumkan Project Beyond, sebuah perangkat kamera yang dapat merekam gambar dengan sudut 360 derajat.

Kamera ini memiliki keunggulan dapat merekam gambar secara 3 dimensi (3D) sehingga gambar yang dihasilkan terasa lebih nyata. Gambar yang dihasilkan akan terlihat seperti layanan peta digital Street View di Google Maps.

Kamera ini dirancang untuk dapat digunakan sebagai aksesori dari produk headset Virtual Reality (VR) Samsung di masa mendatang. Kabarnya, kamera ini akan tersedia pada awal Desember tahun ini.


Wakil Presiden Penelitian Samsung kawasan Amerika, Pranav Mistry, mengatakan, perangkat ini bukan sekadar konsep. Ia telah menjadi perangkat yang sepenuhnya bekerja. "Setelah Anda memiliki aksesoris VR ini, maka Anda dapat melakukan 'teleportasi' ke berbagai tempat," kata Pranav seperti dikutip dari Engadget.

Bukan hanya Samsung, produsen lain seperti Kodak dan Ricoh Theta juga memproduksi kamera serupa dan telah dirilis pada tahun ini. perbedaannya, teknologi yang mereka kembangkan tidak dapat menjangkau kualitas gambar 3D seperti yang Samsung lakukan.

Diciptakannya perangkat ini menjadi sebuah proyek yang luar biasa bagi Samsung dan bisa menjadi langkah besar untuk menjawab banyak pertanyaan mengenai konten yang akan disajikan pada Virtual Reality mendatang.