Bambang Widjojanto Ditangkap, #SaveKPK Ramai di Twitter

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Jumat, 23/01/2015 12:21 WIB
Bambang Widjojanto Ditangkap, #SaveKPK Ramai di Twitter Penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjajanto oleh Badan Reserse Kriminal Mabes Polri memicu reaksi pengguna Twitter yang memberi dukungan kepada KPK. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua KPK Bambang Widjajanto ditangkap Badan Reserse Kriminal Mabes Polri usai mengantar anaknya ke sekolah, Jumat (23/1). Setelah penangkapan ini, banyak warga yang aktif menggunakan Twitter berkicau menggunakan tanda pagar #SaveKPK.

Tanda pagar ini menduduki peringkat lima topik yang paling banyak dibicarakan di Twitter secara Worldwide. Tanda pagar ini juga menduduki posisi puncak topik paling dibicarakan di kawasan Indonesia.

Menurut catatan situs analisis media sosial Topsy.com, kicauan dengan tanda pagar #SaveKPK terjadi sebanyak 21.312 dalam satu jam terakhir.


Selain #SaveKPK, beberapa kata kunci terkait kasus ini juga menjadi pembicaraan ramai di Twitter, seperti "Cicak vs Buaya" dan "Wakil Ketua KPK."

Mabes Polri memastikan telah menangkap Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto dalam kasus sengketa pemilihan kepala daerah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Polri memastikan memiliki alat bukti dan telah mengantongi keterangan saksi ahli.

"Baru pemeriksaan dalam rangka membuat berita acara pemeriksaan tersangka," kata Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Ronny Franky Sompie, Jumat (23/1).

Ronny menjelaskan, proses penyidikan terhadap Bambang tidak ada kaitan dengan perlawanan yang dilakukan Mabes Polri setelah Komisaris Jenderal Budi Gunawan ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, 13 Januari lalu. (adt)