4G LTE Indosat Segera Sambangi Yogyakarta dan Bali

Gito Yudha Pratomo, CNN Indonesia | Jumat, 23/01/2015 13:36 WIB
4G LTE Indosat Segera Sambangi Yogyakarta dan Bali Pejalan melintasi kantor pusat Indosat Jakarta, Rabu, 3 September 2014. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan telekomunikasi Indosat akan meluncurkan layanan internet mobile generasi keempat Long Term Evolution (4G LTE) di Yogyakarta dan Bali pada kuartal pertama 2015 setelah layanan ini tersedia di Jakarta pada Desember 2014.

"Kami akan teruskan ekspansi jaringan 4G, kuartal pertama kami pastikan hadir di Jogja dan Bali," ujar Division Head Public Relations Indosat, Adrian Prasanto, di sela acara uji jaringan Indosat di Makassar, Kamis (22/1).

Adrian belum bisa menjawab kawasan mana saja di Yogyakarta dan Bali yang akan tersedia 4G LTE. Hal ini, menurutnya, harus diukur dari permintaan dan potensi bisnis di lokasi tersebut.


"Kita akan kasih di tempat yang potensinya tinggi seperti tempat wisata dan pusat belanja," kata Adrian.

Indosat menjadi operator seluler ketiga di Indonesia yang meluncurkan 4G LTE setelah Telkomsel dan XL Axiata.

Telkomsel telah meluncurkan 4G LTE di Jakarta dan Bali. Perusahaan mengklaim sukses menggaet 30.000 pelanggan 4G LTE dalam waktu sebulan.

Sedangkan XL Axiata telah meluncurkan layanan ini di Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Medan. Perusahaan yang dipimpin oleh Hasnul Suhaimi ini belum mengumumkan jumlah pelanggan 4G LTE mereka.

Tiga operator seluler tersebut memanfaatkan spektrum frekuensi 900 MHz untuk menggelar 4G LTE setelah pemerintah memberi izin pemanfaatan teknologi netral di spektrum tersebut. Teknologi netral memungkinkan operator telekomunikasi menggelar dua teknologi jaringan dalam satu rentang frekuensi.

Bagi pelanggan yang menginginkan layanan jaringan 4G LTE, wajib mengganti kartu SIM mereka dengan kartu baru yang mendukung teknologi ini. (adt)