Perbaiki iOS, Apple Minta Bantuan Fanboy

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Senin, 23/02/2015 13:41 WIB
Dalam upaya menyingkirkan gangguan teknis di iOS terbaru, Apple berencana merilis iOS versi beta ke publik sebelum pembaruan sistem operasi resmi diluncurkan. Senior Vice President Apple, Phil Schiller, menjelaskan sistem operasi iOS 8 yang berjalan di ponsel pintar iPhone 6 Plus. (REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam upaya menyingkirkan gangguan teknis (bug) pada sistem operasi iOS selanjutnya, raksasa teknologi Apple dilaporkan berencana merilis iOS versi beta kepada publik sebelum pembaruan sistem operasi mobile tersebut diluncurkan secara resmi.

Mengutip laporan dari situs teknologi 9to5Mac, Apple berniat merilis iOS 8.3 versi beta ke publik terlebih dahulu melalui program AppleSeed pada pertengahan Maret mendatang. Tetapi, versi ini tidak akan diberikan ke semua orang, melainkan hanya kepada 100.000 pengguna yang memang suka memakai perangkat Apple.

Dengan cara ini Apple tampaknya ingin membuktikan bahwa mereka bisa lebih bersifat terbuka. Apple juga berharap para pengguna bisa melaporkan jika ada gangguan teknis pada iOS tersebut.


iOS 8.3 dilaporkan akan diberi kode nama Stowe yang telah mengalami beberapa pembaruan fitur, termasuk dukungan Wireless CarPlay, pembaruan papan ketik Emoji, hingga penyempurnaan perintah suara Siri.

Apple juga dikabarkan sedang merakit iOS 8.4 dengan kode nama Copper yang dirumorkan bakal dilengkapi dengan layanan musik streaming baru.

Apple pertama kali melakukan uji coba sistem operasi dalam tahap beta menjelang peluncuran Mac OS X Yosemite untuk komputer. Kala itu, Apple memberi izin kepada satu juta pengguna untuk menjajal Yosemite.

Dalam konferensi pengembang aplikasi Apple World Wide Developer Conference (WWDC) pada Juni mendatang, Apple dipastikan bakal memperkenalkan sistem operasi mobile dan komputer pribadi mereka. (adt/adt)