Untuk Sebuah Domain, Google Rogoh Rp 324 Miliar

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Rabu, 04/03/2015 11:06 WIB
Google memang loyal dalam menanamkan modal di bidang pengembangan teknologi. Lalu, bagaimana bila itu adalah sebuah nama domain? Kantor Google di Indonesia (Hani Nur Fajrina/CNN Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google tak pernah ragu mengeluarkan uang tak sedikit untuk sebuah inovasi dan teknologi. Sedikit berbeda saat raksasa internet ini mau menggelontorkan uang miliaran rupiah untuk sebuah nama domain. Apa istimewanya?

Domain yang beralamat di .app ini dibeli oleh Google dengan nilai US$ 25 juta atau setara Rp 324 miliar. Jumlah yang fantastis untuk sebuah nama domain sekaligus salah satu yang termahal.

Diberitakan Business Insider, Google mendapatkan domain .app itu setelah mengikuti lelang yang diselenggarakan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). Organisasi yang memang mengurusi nama domain di seluruh dunia.


Memang diketahui, domain .app ini masuk kategori Generik Top Level Domain (GTLD). Selain .app, ICANN juga pernah melelang nama domain keren lainnya seperti, .baby, .tech, .salon dan .VIP.

Diketahui, perusahaan Johnson & Johnson berhasil merebut domain .baby dengan nilai mahar sebesar US$ 3 juta atau sekitar Rp 39 miliar.

Ada alasan mengapa Google rela mengeluarkan dana sedemikian besar, karena perusahaan ini ingin agar para pengembang aplikasi bisa berkumpul menggunakan domain yang berakhiran .app tersebut.

"Kami sangat semangat tentang GTLD baru ini. Dengan .app ini mereka para pengembang memiliki potensi yang besar untuk memperkenalkan hasil aplikasinya," kata pihak Google.

Meskipun Google belum mengumumkan rencana spesifik tentang domain ini, tujuan jelas bahwa .app menjadi tempat untuk pengembang mempromosikan aplikasinya agar jauh lebih menarik.

"Pengembang aplikasi menyesuaikan domain serta situsnya, dan pengguna aplikasi dapat berhubungan langsung dengan para pengembangnya," Google, menambahkan.

(tyo)