Ketika Haji Lulung jadi Game Parodi di Android

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Rabu, 11/03/2015 09:02 WIB
Ketika Haji Lulung jadi Game Parodi di Android Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana, saat memberikan keterangan terkait rapat mediasi antara Gubernur DKI Jakarta dengan DPRD yang berakhir ricuh, Jakarta, Kamis, 6 Maret 2015. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana atau yang dikenal Lulung sedang menjadi pembicaraan hangat di ranah media sosial. Polemik dengan Gubernur Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) menjadi awal mulanya.

Setelah sebelumnya di Twitter ramai dengan tanda pagar #Savehajilulung yang bahkan sampai mendunia, kini 'ketenaran' Lulung diambil momennya oleh para developer lokal untuk membuat game parodi. BACA: Dua Tahun Dikicaukan, Tagar #SaveHajiLulung Kini Mendunia

Di Google Play Store, pengguna gadget berbasis Android akan menemukan beberapa game parodi dengan karakter utamanya Lulung. Politisi asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tampaknya menjadi magnet utama game tersebut.


Salah satunya game itu adalah Lulung Mencari Dana. Permainan ini dibuat oleh Widiyana Developer pada 9 Maret 2015 lalu. Dalam keterangannya si pengembang menyebut game ini sekedar hiburan semata saja.
Tampilan depan game Lulung Mencari Dana (CNN Indonesia/Susetyo Dwi Prihadi)

Saat dicoba diinstal di perangkat Android milik CNN Indonesia, game ini terlihat mudah dengan gameplay dan grafis sederhana.

Di game ini Lulung digambarkan sedang berlari untuk mengejar buah apel. Mirip seperti permainan Temple Run. Ada 105 level yang disediakan dengan tingkat kesulitan berbeda yang intinya mengambil buah sebanyak-banyaknya saat berlari.

Kendati judulnya 'Lulung Mencari Dana', game ini tidak mempunyai alur cerita perseteruan antara Lulung dengan Ahok terkait masalah dana APBD yang menimbulkan polemik.
Gameplay game Lulung Mencari Dana (Dok.Google Play Store)

Walaupun karakter dan judulnya adalah Lulung, dan jelas mengacu pada anggota DPRD DKI Jakarta tersebut, namun wajah serta fisiknya tak mirip sama sekali dengan Lulung aslinya. Malah cenderung mirip dengan karakter tokoh di film kartun Upin dan Ipin.

Namun demikian, si pengembang sadar bila suatu saat nanti game yang memakan memori 16 MB bisa menimbulkan masalah, sedari awal sudah diwanti-wanti "Permainan ini hanya untuk hiburan semata buat anak, jika kurang berkenan hubungi email kami #savehajilulung."

Tersedia gratis di Play Store, game Lulung Mencari Dana ini cukup mengasyikan bila dimainkan untuk sekedar lucu-lucuan dan mengisi waktu senggang.

(tyo)