Game Ahok vs Lulung Hanya Aji Mumpung

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Rabu, 11/03/2015 11:05 WIB
Game Ahok vs Lulung Hanya Aji Mumpung Perseteruan antara Ahok dengan Lulung menginspirasi untuk membuat aplikasi di Android (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mengetikan kata 'Lulung' di toko aplikasi Google Play Store, penguna Android akan menemukan beberapa aplikasi dengan embel-embel politisi yang mempunyai nama lengkap Abraham Lunggana tersebut.

Nama politisi asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini tengah menjadi sorotan masyarakat, apalagi setelah Lulung terlibat perseteruan keras dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) soal dana siluman di APBD.

Di Google Play Store, Ahok vs Lulung tak kalah riuhnya. CNN Indonesia mencatat setidaknya ada empat aplikasi yang mengambil kesempatan dari popularitas keduanya. Keempat aplikasi tersebut adalah, Lulung vs Ahok, Lulung Versus Ahok, Lulung Mencari Dana dan Lulung Tebak Kesalahan Gambar. Dari kesemuannya, tampaknya jelas bahwa ini adalah aplikasi lucu-lucuan alias parodi.


Apalagi setelah hampir semua pengembang aplikasi ini sudah memperingatkan bahwa aplikasi ciptaannya hanya sekedar untuk hiburan semata saja, dan apabila pihak terkait merasa keberatan bisa melayangkan surat elektronik ke mereka.

"Permainan ini di buat hanya untuk sekedar hiburan, jika ada masalah bisa hubungi kami.." demikian yang ditulis salah satu pengembang.

Menarik para pengguna Android untuk mengunduh aplikasi ini memang sah-sah saja. Tapi sayangnya, hampir semua aplikasi yang ditawarkan sederhana, malah boleh dibilang sangat sederhana.

Hal ini yang dirasakan saat mencoba game Ahok vs Lulung, Karakter utamanya memang ada, namun sayang gameplay sampai grafis yang ditawarkan sangat sederhana. Kendati ditawarkan gratis, menjadi seolah sia-sia.
Game Lulung versus Ahok (Dok.Google Play Store)

Lain halnya dengan game Lulung Mencari Dana. Dari sisi permainan tak terlihat terlalu buruk, walaupun sedikit banyak menganut paham ala game Temple Run. Tapi sekali lagi, game ini seperti aji mumpung atau boleh dibilang jebakan batman. BACA: Ketika Haji Lulung jadi Game Parodi di Android

Bagaimana tidak, kendati nama game dan karakternya adalah Lulung. Namun tak ada tanda-tanda kehadiran Wakit Ketua DPRD Jakarta tersebut. Malah tokohnya mirip di film Upin dan Ipin, yakni karakter Mail.
Game Lulung Mencari Dana

Terlepas dari itu semua, seperti yang dideskripsikan oleh si pengembang, aplikasi ini hanyalah untuk hiburan semata saja. Jangan tersinggung, kalau keberatan silahkan lapor.


(tyo)