Fakta Menarik Facebook yang Mungkin Belum Diketahui

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Senin, 23/03/2015 12:40 WIB
Fakta Menarik Facebook yang Mungkin Belum Diketahui Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg. (REUTERS/Albert Gea)
Jakarta, CNN Indonesia -- Facebook menerapkan algoritma khusus yang membuat jejaring sosial mereka unik, sekaligus pembuat penggunanya ketagihan.

Berkat sistem yang diterapkan itu Facebook sudah menjadi media sosial terbesar selama beberapa tahun terakhir, dan ternyata tak semua tahu soal pola kerja sistem Facebook tersebut.

Ketika para pengguna mempublikasikan sesuatu misalnya, kita mungkin berharap hal itu akan muncul di tiap News Feed teman-teman Facebook. Nyatanya tidak seperti itu. Di balik layar Facebook ternyata memilah publikasi seperti apa yang akan muncul di lini masa.


Facebook mengklaim sistem saringan seperti ini bisa membantu para teman di Facebook dan pengikut (follower) melihat hal-hal yang hanya mereka inginkan. Karena sistem ini, nampaknya semakin sedikit orang yang menganggap publikasi orang lain sebagai hal 'menarik'.
Terdengar sangat menjengkelkan, khususnya bagi 50 juta akun yang berkecimpung di industri bisnis, merek dagang, band, dan selebriti yang menggunakan Facebook untuk berjualan dan promosi.

Maka, cara mudah dan tak berbayar untuk bisa saling berbagi konten di Facebook yaitu para pengguna harus aktif dan saling berinteraksi. Seperti dikutip dari Fox News, Senin (23/3).

Contoh, bagi para pemilik akun Facebook page yang memang ingin kontennya dilihat banyak orang, setidaknya pengguna lain harus menekan tombol "Like" pada laman profil dan publikasinya. Jika pengguna pasif, konten dari suatu profil lambat laun bisa 'hilang' dari News Feed.

Pun begitu terhadap teman. Bisa dimulai dari sering-sering mengunjungi profil teman dan jika perlu, tekan tombol "Like" atau mengirimkan komentar di publikasi terbaru mereka.

Aktivitas seperti ini nanti secara otomatis akan dinilai oleh Facebook bahwa Anda tertarik terhadap publikasi dari profil tertentu, sehingga mereka akan lebih sering muncul di News Feed.

Adapun pilihan untuk mengubah aturan News Feed, yaitu "Top Stories" dan "Most Recent" yang terdapat di sebelah kiri di bawah nama pengguna. Pilihan tersebut bisa diubah-ubah, khususnya pilihan "Most Recent" yang berarti minat Anda untuk melihat publikasi terbaru dari teman-teman.

Tinggal diubah agar sistem Facebook tahu Anda memang ingin tertarik melihat publikasi terbaru.

Adapun fitur untuk berhenti mengikuti akun tertentu yang terletak di ujung kanan atas. Ada pilihan "News Feed Preferences" yang bisa menyaring publikasi akun siapapun.

Sekitar 1,3 juta pengguna Facebook dilaporkan telah menghabiskan waktu untuk mempublikasikan cerita dan foto mereka, serta berbagi tautan menarik. Bahkan, 27 persen trafik aktivitas mengunggah dari internet mobile berasal dari Facebook.

Dengan sistem tersebut pengguna Facebook di Amerika Serikat ternyata menghabiskan rata-rata 40 menit sehari untuk berinteraksi dengan kerabat mereka di media sosial itu.

Pengguna Facebook di ponsel atau tablet juga memiliki data yang menarik. Rata-rata mereka mengakses Facebook paling tidak 14 kali setiap hari. Sebanyak 1,3 miliar pengguna Facebook senang berbagai cerita dan mengunggah foto.

Berita atau tautan yang disebarkan melalui Facebook ternyata juga cukup banyak peminat. Kenyataannya, 27 persen lalu lintas internet.

(eno)