Telepon Pakai WhatsApp Mudah, Murah dan Jernih

Susetyo Dwi Prihadi | CNN Indonesia
Rabu, 01 Apr 2015 14:59 WIB
Fitur call di WhatsApp akhirnya dibebaskan secara penuh. Pengguna khususnya perangkat Android kini bisa melakukan panggilan telepon secara gratis. Panggilan telepon bisa pakai WhatsApp (Canal Seis Noticias de Honduras/Flickr)
Jakarta, CNN Indonesia -- WhatsApp baru saja merilis versi final dari fitur panggilan telepon untuk pengguna Android. Ini menambah panjang aplikasi pesan instan yang bisa melakukan telepon berbasis internet.

Untuk mengunakan fitur voice di WhatsApp ini sangat mudah. Bila sebelumnya hanya terbatas untuk beberapa pengguna saja, kini pengguna layanan milik WhatsApp bisa menggunakannya asal berjalan di atas sistem operasi Android.

Langkah awal, tentu saja pengguna WhatsApp harus berada di update terbaru yakni di versi 2.12.5. Bila belum berada di versi ini, tentu saja pengguna perlu melakukan pembaruan yang sudah tersedia di Play Store.


Setelah melakukan pembaruan, akan ada sedikit perubahan dari sisi antarmukanya. Tidak hanya tab 'chats' dan 'contacts', karena di bagian sisi paling kiri terdapat juga tab 'calls'.
Memulai panggilan telepon cukup sentuh tab 'calls' lalu tekan tombol 'New call' yang berada di bagian kanan atas. Di bagian tab ini terdapat sejumlah kontak dalam daftar WhatsApp pengguna.
Tampilan layar saat pengguna melakukan panggilan suara lewat WhatsApp

Sekedar diketahui, kontak yang berada daftar adalah yang sudah menggunakan versi terbaru dari WhatsApp ini. Karena, syarat utama untuk bisa melakukan panggilan adalah sama-sama berada di versi terakhir.

CNN Indonesia melakukan dua pengujian. Pertama melakukan panggilan saat berada di jaringan internet WiFi dan jaringan berbasis seluler. Hasilnya, sama-sama dapat melakukan panggilan dengan sempurna.

Ketika berada di jaringan WiFi, tentu saja konektivitas yang ditawarkan stabil. Tidak ada delay atau noise berarti, semuanya jernih seperti menelpon cara konvensional.

Pun begitu, ketika berada di jaringan seluler, panggilan telepon WhatsApp tak mengalami kendala berarti. Malahan terkadang bisa mendapatkan suara yang jernih walau sedikit delay, saat berada di posisi 2G.

Agak sedikit menganggu adalah tidak adanya pilihan untuk memilih fitur calling ketika menekan foto akun yang dituju. Sehingga potensi salah pencet besar kemungkinan akan terjadi.

Secara keseluruhan, fitur WhatsApp ini sangat menarik dan menambah daftar panjang fitur di layanan tersebut setelah bisa ber-chit chat melalui dekstop.


(tyo/eno)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER