Internet Gratis Indosat Incar Pengguna Ponsel Fitur

Aditya Panji, CNN Indonesia | Sabtu, 18/04/2015 10:00 WIB
Program ini merupakan upaya Indosat untuk mendorong misi pemerintah meningkatkan penetrasi pengguna Internet agar mencapai 50 persen pada 2019. Seorang pengunjung melewati tembok yang memperlihatkan promosi layanan Internet tanpa pulsa dari Indosat hasil kerja sama dengan organisasi Internet.org dari Facebook, di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta, Jumat, 17 April 2015. (CNN Indonesia/Aditya Panji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan telekomunikasi Indosat telah meluncurkan program Internet tanpa pulsa pada Jumat (17/4) yang mengincar pengguna ponsel fitur dan pengguna yang masih jarang berinteraksi dengan Internet di berbagai daerah di Indonesia.

Presiden Direktur dan CEO Indosat, Alexander Rusli meyakini, program ini dapat meningkatkan jumlah pelanggan Internet di jaringannya.

"Kami tidak mengincar pelanggan yang sebelumnya sudah aktif pakai Internet. Ini lebih ke pelanggan yang belum pernah pakai Internet di daerah pelosok," kata Alexander usai jumpa pers di Jakarta.


Baca juga: Indosat Kasih Layanan Internet tanpa Pulsa

Ia meyakini para pengguna ponsel pintar yang telah memanfaatkan Internet secara aktif tidak menjadi target pelanggan, karena mereka cenderung membutuhkan koneksi Internet 3G dengan kecepatan tinggi.

Para pelanggan Internet tanpa pulsa bisa memanfaatkan jaringan Internet 2G dari Indosat. Jika layanan ini sukses mengajak agar pelanggan aktif menggunakan Internet, Alexander meyakini pelanggan ini akan beralih ke jaringan 3G yang menawarkan koneksi lebih cepat.

"Kalau mereka sudah akrab dan mau yang lebih, berarti mereka harus bayar. Dari sana pelanggan Internet kita akan bertambah banyak," ucapnya.

Program ini merupakan upaya Indosat untuk mendorong misi pemerintah meningkatkan penetrasi pengguna Internet agar mencapai 50 persen pada 2019.

Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna Internet di Indonesia pada akhir 2014 mencapai 88,1 juta pengguna atau sekitar 34,9 persen dari total jumlah penduduk.

"Kita harus mengingat bahwa 70 persen pengguna seluler Indonesia masih menggunakan jaringan 2G dan ponsel fitur," kata Alexander.

Agar dapat menikmati layanan Internet tanpa pulsa ini, pelanggan Indosat dapat mengakses situs web www.internet.org atau dengan mengunduh aplikasi Internet.org di toko aplikasi Google Play Store untuk perangkat Android. Layanan ini tersedia dalam pilihan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Sejumlah layanan di Internet yang bisa diakses tanpa pulsa ini adalah, Facebook, Wikipedia, Ask.com, Accuweather, Jobstreet, OLX, Tokopedia, hinggan informasi kesehatan di situs web Unicef. (adt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK