Aplikasi Game Tebak Gambar Capai 5,4 Juta Pengguna

Aditya Panji, CNN Indonesia | Senin, 04/05/2015 18:43 WIB
Aplikasi Game Tebak Gambar Capai 5,4 Juta Pengguna Salah seorang pembuat game Tebak Gambar, Irwanto Widyatri. (CNN Indonesia/Aditya Panji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aplikasi bernama Tebak Gambar merupakan salah satu game genre kuis yang sukses di Indonesia dan mereka kini telah mencapai prestasi baru dengan meraih 5,4 juta pengguna.

Aplikasi ini sukses menjaring 5 juta pengguna di platform Android sejak diluncurkan pada Oktober 2013, sementara di platform iOS mendapatkan sekitar 400.000 pengguna.

Salah seorang pendiri game Tebak Gambar, Irwanto Widyatri mengatakan, saat ini jumlah pengguna aktifnya berada di angka 2 juta di Android. "Android memang lebih besar karena kami meluncurkan aplikasi ini lebih dulu," ujarnya saat ditemui CNN Indonesia di Jakarta, Senin (4/5).


Selain Irwanto, aplikasi ini dikembangkan oleh Allen Wijaya selaku pengembang untuk platform iOS dan Lukis Cindera sebagai desainer dan mengurus media sosial. Irwanto dan Allen berbasis di Jakarta, sementara Lukis menetap di Surabaya.

Mereka mendapatkan keuntungan dari membuka lapak iklan pada game Tebak Gambar dengan memanfaatkan layanan iklan Google di perangkat mobile. Namun, Irwanto enggan menyebut angka penghasilan per bulannya.

"Cukup lah untuk operasional kami dan untuk bikin game selanjutnya," ujar Irwanto.

Seperti namanya, game Tebak Gambar mengajak pemain untuk menebak gambar yang dikombinasikan. Gambar tersebut juga bisa ditambahkan huruf atau angka dan makin sulit jika naik level. Totalnya ada 24 level yang tersedia saat ini.

Irwanto mengatakan game Tebak Gambar terinspirasi dari game Icon Pop yang juga berasal dari Indonesia tapi bisa menembus global. Ia kemudian melihat gambar-gambar hasil karya Lukis yang dinilai dapat diaplikasikan menjadi game untuk perangkat mobile.

Saat ini Irwanto dan kawan-kawannya sedang mengembangkan game ketiga yang masih ia rahasiakan dan bakal diluncurkan pada pertengahan tahun ini. Mereka telah menyiapkan sejumlah upaya monetize agar bisa mendapatkan uang. Game ini bekerjasama dengan pengembang game asal Singapura.


(eno)