Di Alaska, Belut Lamprey 'Berjatuhan' dari Langit

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Senin, 08/06/2015 11:00 WIB
Setelah fenomena cacing keluar dari tanah, kini ada peristiwa langka lainnya, belut jatuh dari langit. Belut Alaska yang jatuh di area pemukiman. (Dok. Alaska Departement Fish and Game)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam seminggu terakhir Departement Fish and Game Alaska menerima sejumlah panggilan telepon yang mengatakan bahwa banyak warga menemukan lamprey atau sejenis belut Artic yang seolah jatuh dari langit di kota Fairbanks, Alaska.

Menurut sebuah postingan di halaman Facebook resminya, setidaknya ada beberapa titik lokasi aneh tempat ditemukannya belut lamprey ini. Empat di antaranya ditemukan di darat dan jauh dari air--tempat habitat spesies ini. Dan bahkan satu lamprey yang masih hidup ditemukan dari tempat parkir di sebuah toko lokal setempat.

"Dua pria datang kepada saya dan bertanya apakah kami memiliki wadah dengan air? Karena kami menemukan banyak belut di parkiran Anda," kata Sue Valdrow, pemiliki toko, seperti dikutip dari Tech Times, Senin (8/6).


Belut lamprey yang mereka temukan ini memiliki panjang sekitar satu kaki dan tidak jelas bagaimana binatang ini bisa 'terbang' dan menjauh dari lokasi mereka hidup di perairan.

Belut Lamprey Artic biasanya berkembang di Sungai Chena. Mereka termasuk jenis Anadromous, yang berarti lamrey menghabiskan sebagian hidupnya di laut dan sebagian lainnya di air tawar.

Mereka berenang dari hilir ke laut setelah mencapai usia dewasa. Menjelang akhir hidup biasanya belut lamprey berenang kembali ke hulu, di mana mereka mereka bertelur dan kemudian mati.

Mereka adalah jenis ikan walaupun terlihat seperti belut, karena penampilan bentuk tubuh dan kondisi mereka yang sulit ditangkap. Mereka juga termasuk parasit, karena menempel di ikan lain untuk bertahan hidup. Lamprey muda memakan mikrooganisme dan ganggang.

 

(tyo/tyo)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK