Oculus Pamer Kacamata Virtual Reality yang Siap Dijual

Aditya Panji, CNN Indonesia | Jumat, 12/06/2015 17:47 WIB
Oculus Pamer Kacamata Virtual Reality yang Siap Dijual Kacamata realitas virtual Oculus Rift versi purwarupa yang diperkenalkan sejak 2013. (REUTERS/Edgar Su)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah memamerkan purwarupa kacamata realitas virtual (virtual reality) bernama Rift untuk pengembang pada 2013, perusahaan Oculus akhirnya memperlihatkan produk kacamata mereka yang akan dijual kepada konsumen pada awal 2016 mendatang.

Versi konsumen kacamata virtual reality Oculus Rift diperlihatkan oleh CEO Oculus, Brendan Iribe, dalam sebuah konferensi di San Francisco, California, AS, pada Kamis (11/6).

Pada akhir tahun 2015, Oculus akan membuka sesi pemesanan untuk produk kacamata Rift mereka.


Iribe mengatakan produk untuk konsumen ini cukup ringan untuk dipegang oleh satu tangan. Ini memiliki dua layar terpisah, untuk mata kanan dan kiri, dengan lensa sudut pandang yang lebar. Di sana juga terdapat headphone yang dapat disesuaikan dengan kuping pengguna agar nyaman dipakai.

Oculus berencana menjual Rift bersama dengan alat pengontrol game Xbox One sebagai bagian dari kemitraan dengan Microsoft, demikian dikutip laporan Reutes. Iribe berkata ada "banyak lagi yang akan datang" antara Oculus dan Microsoft.

Kepala Xbox di Microsoft, Phil Spencer berkata, Rift akan bekerja secara baik di sistem operasi Windows 10 dan memungkinkan game di Xbox One untuk dimainkan di kacamata untuk memperkaya pengalaman bermain dengan realitas virtual.

Pada kesempatan yang sama, Oculus telah memperlihat sejumlah game yang dapat dimainkan bersama dengan produk kacamatanya tanpa mengungkap secara pasti judul game tersebut.

Oculus kini merupakan anak perusahaan Facebook setelah pada 2014 lalu diakuisisi senilai US$ 2 miliar. Pendiri sekaligus CEO Facebook berkata, realitas virtual merupakan salah satu platform komputasi utama berikutnya.

[Gambas:Youtube] (adt/eno)