Puasa Tenang Berkat Google Ramadan

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Kamis, 18/06/2015 16:01 WIB
Puasa Tenang Berkat Google Ramadan Google menyemarakkan bulan Ramadan (Adam Berry/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bulan suci Ramadan juga disambut oleh raksasa internet Google. Pengguna internet yang menjalankan ibadah puasa mendapat perhatian khusus dari perusahaan asal Amerika Serikat tersebut. Tools khusus yang diberi nama 'My Ramadan Companion' ini memang hadir untuk menghormati dan memudahkan kaum muslimin dalam beribadah.

Ketika berkunjung ke laman tersebut, di Google My Ramadan Companion akan membantu pengguna internet yang menjalankan ibadah untuk mengetahui seluk beluk tentang Ramadan.

"Untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari Ramadan, kami telah meluncurkan My Companion Ramadhan (g.co/Ramadan), yang memberikan informasi yang dapat disesuaikan dan relevan secara lokal. Ini termasuk tips, dan konten lainnya," kata Associate Google Product Marketing Manager, Middle East dan North Africa, Zain Kamal, yang dikutip melalui blog resminya.


Saat dikunjungi oleh CNN Indonesia, ada beberapa informasi penting yang ditawarkan di Google Ramadan ini. Seperti jadwal shalat, berbuka hingga imsak yang disesuaikan dengan lokasi secara otomatis.

Selain itu ada juga penunjuk arah berbasis Google Maps untuk memudahkan pengguna dalam mencari makanan untuk berbuka, termasuk menemukan masjid yang terdekat dari lokasi.

Konten di sini juga lebih variatif. Pengguna yang sedang kering ide untuk memasak makanan berbuka dan sahur, bisa mencari-cari resep yang dikumpulkan oleh algoritma Google. Sementara yang membutuhkan hiburan, ada tayangan video YouTube yang cocok untuk ngabuburit.

"Menikmati konten Ramadhan di YouTube mulai dari drama seri dan sketsa komedi dan tips kesehatan untuk tetap fit selama 30 hari puasa ", kata Zain Kamal, menambahkan.

Aplikasi untuk menunjang dan meningkatkan ibadah pun dikumpulkan menjadi satu dan diperbarui tiap harinya berdasarkan seberapa banyak tingkat popularitasnya.

(tyo/eno)