Kebiasaan Pemabuk Bisa Diintip dari Instagram

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Senin, 02/11/2015 09:20 WIB
Kebiasaan Pemabuk Bisa Diintip dari Instagram Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekelompok peneliti dari University of Rochester di Amerika Serikat mengamati kebiasaan para remaja yang suka minum alkohol. Hasilnya, mereka lebih jujur dan terbuka di media sosial seperti Instagram.

Ya, tim peneliti pada akhirnya memanfaatkan media sosial Instagram untuk memonitor dan melakukan survei penggunaan minuman keras dari para remaja. Lebih murah dan cepat, katanya.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Jiebo Luo itu menggunakan Instagram untuk mengetahui merk dan tipe alkohol yang dikonsumsi oleh demografi yang berbeda, seperti dikutip dari Techradar.



Sejauh ini media sosial berbagi foto dan video itu memang tidak mengekelompokan para penggunanya berdasarkan usia. Para peneliti pun menggunakan teknologi komputer bayangan untuk memperoleh data akurat untuk usia, jenis kelamin, dan keturunan para remaja.

Mereka juga menggunakan kamus slang serta merek alkohol untuk mengumpulkan data mengenai informasi penting lainnya.

Dalam sebuah jurnal, mereka menulis bahwa remaja di bawah umur terbukti lebih menyukai berbagi pengalaman konsumsi alkohol mereka di media sosial, khususnya Instagram. Lucunya, mereka juga lebih sering mabuk-mabukan di akhir pekan dan hari libur.


Satu hal, mereka menemukan tidak ada kesenjangan gender dalam konsumsi minuman keras. Mereka juga mengidentifikasi merk minuman keras yang cenderung memikat para remaja

"Kami bisa menghubungi badan pemerintah atau sekolah tentang penelitian inu dan membantu mereka untuk merancang pencegahan," kata Luo.

Ia melanjutkan, "pemanfaatan media sosial untuk mengamati kebiasaan dan mengukur efek dari fenomena ini tentu efektif dan tak memakan biaya banyak."

Luo dan timnya berencana mempresentasikan hasil penelitian pada perhelatan IEEE International Conference on Big Data 2015 di Santa Clara, California.

(eno)