Bertemu Bos Facebook, Menkominfo Bahas Dua Hal

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Kamis, 05/11/2015 11:59 WIB
Bertemu Bos Facebook, Menkominfo Bahas Dua Hal Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. (Lamhot Aritonang/Detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu agenda Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ke kantor pusat sejumlah perusahaan teknologi di California, Amerika Serikat, adalah bertemu dengan petinggi Facebook. Apa yang mereka bahas?

Rudiantara mengungkapkan ada dua hal yang ia sepakati dengan pihak Facebook. "Saya bertemu Sheryl Sandberg kemarin, COO Facebook. Kami bahas soal safety online dan pemanfaatan Facebook untuk UKM," ujar Rudiantara saat ditemui di Jakarta, Rabu (4/11).

Facebook nampaknya memanfaatkan momen pertemuan itu dalam mempromosikan dirinya yang sukses sebagai lapak iklan bagi para pelaku usaha kecil menengah. Ditambah lagi kini Facebook sedang berupaya perlahan mengubah diri sebagai tempat perdagangan online.


Sementara untuk keamanan di ranah siber, Rudiantara menyorot jumlah pengguna Facebook di Indonesia yang mencapai 76 juta orang. Ia meminta Facebook jangan melihat Indonesia hanya sebagai pasar namun juga memberi kontribusi pada program yang memberi keamanan dalam memanfaatkan Internet.

"Facebook harus beri kontribusi untuk program-program yang berkaitan dengan safety online, yang mengacu kepada literasi dan peringatan soal penggunaan media sosial," tuturnya.

Lebih lanjut ia menginginkan program tersebut dikhusus untuk platform Facebook sendiri di Indonesia.

"76 juta orang tuh banyak sekali. Mereka juga melihatnya sebagai angka yang besar. Maka nanti akan kami buatkan programnya," ucapnya lagi.

Facebook dinilai belakangan ini banyak diisi oleh konten yang mengandung rasialisme dan kebencian, salah satunya terjadi di Jerman di mana banyak warganya yang melontarkan komentar anti-asing di Facebook terkait para pengungsi di Eropa. (adt)