Kaleidoskop Sains 2015

Lima Peristiwa Antariksa Penting di 2015

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Rabu, 23/12/2015 14:29 WIB
Foto: ANTARA FOTO/Leily - Setpres
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepanjang 2015 tentu banyak peristiwa ilmiah penting terkait keantariksaan yang terjadi, baik di Indonesia maupun dunia internasional.

Sebelum 2015 tutup buku, CNN Indonesia mencoba merangkumnya kembali dan berikut kilas balik sejumlah kejadian sains unik nan menakjubkan sepanjang tahun ini.

1. Satelit Indonesia mengangkasa di antariksa


Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) bekerjasama dengan India meluncurkan satelit Lapan-A2 ke antariksa pada 28 September lalu.

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan proses perakitan satelit Lapan-A2 memakan waktu empat sampai lima tahun dan menelan biaya Rp 55 miliar.

Walau sudah rampung pada 2012, Lapan-A2 tetap harus menunggu muatan utama milik India yang juga akan diluncurkan, yakni satelit astronomi Astrosat yang bobotnya 1,5 ton mengingat satelit Indonesia harus menebeng roket India, TSLV-C30.

Dengan bobot 78 kilogram dan dilengkapi Automatic Identification System (AIS), Lapan-A2 bakal memantau aktivitas kemaritiman, salah satunya mengenai kondisi dan kegiatan kapal-kapal yang sedang berlayar.

Satelit lokal ini juga akan menggunakan instrumen kamera digital untuk memantau keadaan permukaan Bumi. (adt/eno)
1 dari 5




BACA JUGA