Cyanogen Benamkan Cortana di Android

Aqmal Maulana, CNN Indonesia | Jumat, 08/01/2016 05:50 WIB
Cyanogen akhirnya menyatukan Cortana ke dalam sistem operasi Android racikan mereka. OnePlus 2 (Dok. OnePlus)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sistem operasi Cyanogen versi 12.1.1 untuk OnePlus One sudah dirilis. Pada versi terbarunya ini Cyanogen menyertakan asisten digital Microsoft Cortana untuk pertama kalinya.

Sebelumnya, Cortana hanya tersedia eksklusif untuk sistem operasi Windows Phone. Namun setelah Cortana tersedia untuk Android dan fitur always listening dapat dinonaktifkan, Cyanogen pun mengadopsinya pada versi terbarunya ini.

Untuk mengaktifkan personal assistant buatan Microsoft tersebut pada OnePlus One, pengguna cukup mengatakan "Hei Cortana" untuk mengaktifkan alarm, mengaktifkan mode diam, dan mengubah konfigurasi ponsel dengan perintah suara.


Cyanogen mengklaim terintegrasinya Cortana dengan sistem operasi membuat fungsi asisten digital lebih kaya, bisa lebih banyak melakukan berbagai hal.

Untuk memperbarui Cyanogen ke versi 12.1.1, pengguna OnePlus One dapat melakukannya melalui menu setting pada sub-menu system. Meski terintegrasi dengan Cortana, pengguna diizinkan untuk menguninstall setelah memperbarui sistem operasi tersebut.

Sayangnya, Cyanogen tidak memperbarui sistem operasi OnePlus One ke Android ke Marshmallow, melainkan masih Lollipop. Di sisi lain, Cortana juga baru dapat digunakan untuk regional Amerika Serikat. Jika penasaran, pengguna dapat mengubah pengaturan wilayahnya untuk mencicipi Cortana.

(eno)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK