Ke AS, Jokowi akan Sambangi Kantor Pusat Facebook dan Google

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Senin, 15/02/2016 09:06 WIB
Ke AS, Jokowi akan Sambangi Kantor Pusat Facebook dan Google Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Jakarta, CNN Indonesia -- Di sela menghadiri acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-AS yang berlangsung pada 15-16 Februari 2016, Presiden Joko Widodo diagendakan akan bertemu para CEO perusahaan teknologi yang bermarkas di Silicon Valley, Amerika Serikat (AS). Dua diantaranya adalah kantor pusat Facebook dan Twitter.

Dalam agenda yang diterima oleh CNNIndonesia.com, setelah menghadiri sesi di KTT ASEA-AS pada Rabu 17 Februari 2016, Jokowi direncanakan akan berkunjung ke kantor pusat Facebook, di San Francisco. Selama satu jam di sana, Jokowi yang ditemani Menkominfo Rudiantara akan bertemu dengan CEO Facebook Mark Zuckerberg.

"Iya, pasti ada pertemuan dengan dia (Zuckerberg,red). Ada beberapa hal yang dibahas, nanti kami sampaikan detailnya," ujar Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo Ismail Cawidu, saat dikonfirmasi. Baca juga: Jokowi Sambangi Bos IT di Silicon Valley


Dia juga mengatakan bahwa selain ke kantor pusat Facebook, Jokowi diagendakan akan datang ke Googleplex, yang merupakan komplek pusat tempat raksasa teknologi Google bersemayam.

Belum diketahui dengan jelas juga apa agenda yang dilakukan oleh Jokowi di tempat tersebut.

"Ke Googleplex lalu juga ke kantor pusat Twitter juga," singkat Cawidu.

Tapi dari seluruh agenda yang dilakukan oleh rombongan Jokowi, dipastikan misi utamanya berkaitan dengan e-commerce di Indonesia. Dan memang ini masih berkaitan dengan niat kunjungan ke Silicon Valley yang batal dilakukan oleh Jokowi beberapa bulan lalu. Saat itu Rudiantara yang menggantikan Jokowi, mengunjungi Facebook, Google dan Apple.

(tyo)