Orang Indonesia Setidaknya Instal 10 Aplikasi di Ponsel

Aqmal Maulana, CNN Indonesia | Selasa, 23/02/2016 10:38 WIB
Orang Indonesia Setidaknya Instal 10 Aplikasi di Ponsel Ilustrasi pengguna ponsel pintar. (Thinkstock/Triloks)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengguna ponsel pintar di Indonesia setidaknya memasang setidaknya 10 aplikasi di ponsel pintar (smartphone) mereka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan ada yang mencapai 40 aplikasi, menurut survei yang dilakukan Lazada.

Berdasarkan survei yang dilakukan Lazada pada Februari 2015 kepada 2.000 pengguna smartphone tentang bagaimana mereka menggunakan aplikasinya, tercatat bahwa 85 persen orang Indonesia setidaknya punya 10 aplikasi di smartphone. Terungkap pula 10 persen di antaranya memiliki 40 aplikasi mobile.

Lazada mencatat, ada beberapa kategori aplikasi favorit yang diinstall oleh orang Indonesia. Di antaranya adalah aplikasi pesan instan, belanja online, peramban atau browser, dan media sosial.


Untuk aplikasi pesan, menurut Lazada, BlackBerry Messenger masih menempati posisi nomor satu lalu disusul WhatsApp, Facebook Messenger, Line, dan Snapchat.

Lazada juga mencatat bahwa ada dua browser mobile favorit di Indonesia, yakni UC Browser dan Opera Mini. "Keduanya sering digunakan karena memiliki fitur kompresi data untuk menghemat konsumsi data," kata Magnus Ekbom, CEO Lazada Indonesia.

Untuk media sosial, Facebook masih menempati urutan pertama. Disusul oleh Instagram, Path, dan Twitter.

Di Indonesia hampir semua pengguna smartphone memiliki aplikasi belanja online pada smartphone. 50 persen dari pengguna smartphone menginstal tiga sampai aplikasi belanja online.

Beberapa alasan yang membuat orang mengunduh aplikasi belanja online adalah untuk memelajari barang yang sedang populer, mengetahui produk baru, memenuhi kebutuhan, sampai untuk membandingkan harga.

Berdasarkan survei, pengguna smartphone di Indonesia juga suka mencari aplikasi baru melalui toko aplikasi. Sebanyak 68 persen responden suka mengunduh aplikasi baru melalui pencarian secara organik pada toko aplikasi, 34 persen melakukannya karena rekomendasi dari teman, dan 33 persen berdasarkan rekomendasi yang diberikan toko aplikasi.

Pada tahun 2015, Lazada mencatat waktu interaksi pengguna terhadap aplikasi berbasis komputer pribadi terbilang sebentar, hanya 4 menit 36 detik. Sedangkan waktu interaksi dengan aplikasi berbasis iOS mencapai 7 menit 31 detik lalu, lalu yang terlama adalah aplikasi Android dengan 10 menit 24 detik. (adt)