Ada yang Baru di WhatsApp

Aqmal Maulana, CNN Indonesia | Kamis, 03/03/2016 09:44 WIB
Ada yang Baru di WhatsApp Fungsi lampiran di WhatsApp kini diperluas, tidak hanya bisa mengirim file foto, video, suara dan lokasi. Tapi juga dokumen. (antonbe/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Diam-diam WhatsApp menyegarkan versi Android yang kini bisa digunakan untuk saling berkirim dokumen. Tak ada pengumuman resmi maupun file update terkait dengan hadirnya fitur terbaru ini.

Tampilan aplikasi messenger asal Califonia ini memang tidak mengalami perubahan. Hanya saja, pada opsi lampiran, ada satu icon baru bernama Document. Sebelumnya, hanya ada icon Gallery, Photo, Video, Audio, Location, dan Contact.

Untuk mempertahankan kesederhanaan antarmuka, WhatsApp menyatukan icon Photo dan Video menjadi Camera sehingga jumlah icon yang tampil tetap enam buah.


Tambahan baru di WhatsApp

Sayangnya, fitur ini baru bisa digunakan untuk mengirimkan dokumen berformat PDF. Sementara format lainnya, seperti DOC, DOCX, XLS, XLSX, dan lain-lain, tidak akan terdeteksi.

Berbeda dengan Android yang sudah bisa mengirim dan menerima dokumen, platform iOS baru bisa menerima saja. Belum jelas kapan fitur ini sepenuhnya juga akan hadir untuk sistem operasi buatan Apple.

Tak hanya melalui chat individu, pengguna pun bisa saling berbagi dokumen melalui grup. Hanya saja, ada satu syarat yang harus dipenuhi, yakni seluruh anggota grup setidaknya sudah menggunakan aplikasi WhatsApp versi terbaru.

Saat ini, WhatsApp terbaru yang tersedia di Google Play Store adalah versi 2.12.453. Belum lama ini, WhatsApp sempat merilis update versi 2.12.441 yang terdiri dari banyak emoji untuk menunjukkan ekspresi.

Hingga saat ini, WhatsApp sudah digunakan oleh satu miliar orang di seluruh dunia. Ada 42 miliar pesan, 1,6 miliar foto, dan 250 juta video yang terkirim setiap harinya. Saat ini, aplikasi yang tersedia untuk berbagai platform ini juga sudah memiliki satu miliar grup chatting.

(eno)