BlackBerry Siapkan Pengganti WhatsApp

Aqmal Maulana, CNN Indonesia | Selasa, 08/03/2016 11:52 WIB
BlackBerry Siapkan Pengganti WhatsApp Ilustrasi logo BlackBerry ( antonbe/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rencana WhatsApp untuk menghentikan dukungan terhadap sejumlah sistem operasi pada akhir tahun 2016, termasuk BlackBerry OS tak membuat pembesutnya tinggal diam.

Dikutip dari PhoneArena, perusahaan ponsel asal Kanada tersebut kini sedang menyiapkan pengganti WhatsApp yang banyak digunakan oleh para pengguna perangkat BlackBerry.

"Kami sedang mengeksplorasi alternatif untuk pengguna BlackBerry karena dukungan WhatsApp Messenger untuk BlackBerry OS dan BlackBerry 10 akan selesai pada akhir 2016," kata BlackBerry kepada Tech Radar.


Rencana tersebut juga diungkapkan BlackBerry melalui akun Twitternya. Di saat yang sama, BlackBerry juga memastikan bahwa dukungan terhadap WhatsApp untuk perangkat Priv, tidak akan berhenti hingga tahun 2016.

 Hal ini tidak mengherankan mengingat Priv menggunakan sistem operasi Android Lollipop, bukan BlackBerry 10.

Untuk saat ini, para pengguna WhatsApp pada perangkat BlackBerry direkomendasikan agar menggunakan BBM. Pasalnya, aplikasi perpesanan buatan BlackBerry ini mendukung berbagai platform, seperti Android, Windows Phone, dan iOS.

Tak hanya BlackBerry OS dan BlackBerry 10, akhir tahun ini WhatsApp juga akan menghentikan dukungan terhadap Nokia S40, Nokia Symbian S60, Android Eclair versi 2.1, Android Froyo versi 2.2, dan Windows Phone 7.1.

Langkah ini dilakukan karena WhatsApp ingin fokus mengembangkan aplikasinya pada sistem operasi mobile yang jumlah penggunanya terus tumbuh secara global. (tyo)