Nvidia Bikin Prosesor untuk Mobil Balap Otonom

Aqmal Maulana, CNN Indonesia | Kamis, 07/04/2016 22:20 WIB
Nvidia membuat prosesor Drive PX 2 yang akan digunakan sebagai otak kecerdasan buatan pada mobil balap otonom di Kejuaraan Roborace. Konsep desain mobil balap otonom rancangan Chief Design Officer Roborace, Daniel Simon. (Daniel Simon/Roborace)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan semikonduktor Nvidia membuat prosesor Drive PX 2 yang akan digunakan sebagai otak kecerdasan buatan pada mobil balap otonom di Kejuaraan Roborace. Ini adalah pertama kalinya kompetisi mobil balap otonom digelar secara global.

Pada ajang ini, akan ada sepuluh tim yang bersaing untuk memperebutkan juara dalam balapan yang berlangsung selama 60 menit. Masing-masing dari tim tersebut memiliki sepasang mobil balap otonom yang ditenagai oleh Drive PX 2.

Dikarenakan seluruh mobil balap otonom yang digunakan semuanya sama persis, optimalisasi peranti lunak akan menentukkan siapa pemenangnya. Hal inilah yang membuat Kinetik (sebuah perusahaan investasi yang mendanai Roborace) tertarik untuk bekerja sama dengan Nvidia.


Agar bisa terpasang di dalam bodi mobil balap, dimensi perangkat Drive PX 2 pun dirancang hanya sebesar kotak makan.
Walaupun kecil, Drive PX 2 mampu mengeksekusi 24 triliun operasi setiap detiknya. Inilah yang membuat perangkat tersebut bisa diaplikasikan sebagai kecerdasan buatan pada ajang ini.

Untuk menggambarkan seberapa dahsyatnya kekuatan pemrosesan dari Drive PX 2, Nvidia mengatakan bahwa 1 unit Drive PX 2 sama dengan 150 unit MacBook Pro.

Di sisi lain, mobil balap otonomnya sendiri dirancang oleh Daniel Simon, seorang desainer otomotif yang menciptakan mobil light cycle pada film "Tron: Legacy." (adt)