4G LTE Telkomsel Ekspansi ke 100 Kota Kabupaten

Trisno Heriyanto | CNN Indonesia
Minggu, 17 Apr 2016 14:00 WIB
4G LTE Telkomsel kini bisa dicicipi pengguna di 100 kota kabupaten di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, kawasan Bali dan Nusa Tenggara, hingga Papua. Foto: CNN Indonesia/Trisno Heriyanto
Jakarta, CNN Indonesia -- Layanan 4G LTE Telkomsel kini bisa dicicipi pengguna di 100 kota kabupaten di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, kawasan Bali dan Nusa Tenggara, hingga Papua.

“Berbagai upaya peningkatan kualitas terus kami lakukan, termasuk memperluas ketersediaan layanan,” kata Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah dalam siaran pers.

Sejauh ini Telkomsel telah menggelar lebih dari 4500 eNode B (BTS 4G) di berbagai wilayah di Indonesia dengan total pelanggan mencapai 5 juta.

“Kami konsisten untuk menghadirkan layanan 4G LTE yang terbesar dan terluas dengan kualitas yang sesuai harapan pelanggan,” Ririek melanjutkan.

Selama kuartal I 2016 (dibandingkan periode sama di 2015), jumlah pelanggan 4G LTE Telkomsel diklaim naik di angka yang memuaskan. Targetnya, hingga akhir 2016 Telkomsel dapat melayani 12 juta pelanggan 4G LTE.

“Dalam menggelar jaringan 4G, kami selalu memastikan bahwa layanan ini dapat dinikmati sekitar 80 persen dari wilayah digelarnya jaringan,” jelas Ririek.


Jabotabek dan Jabar Penetrasi Tertinggi

Dalam mendorong terciptanya ekosistem layanan 4G LTE yang stabil, Telkomsel juga memfokuskan pembangunan dan penyebaran layanan tersebut di wilayah yang sudah memiliki tingkat penyebaran perangkat 4G yang cukup mapan, seperti salah satunya di wilayah operasional Telkomsel Area Jabotabek dan Jawa Barat.

“Selain Kota Jakarta yang telah ter-cover 4G LTE di hampir seluruh wilayahnya, Telkomsel juga mulai fokus untuk mematangkan terciptanya ekosistem layanan 4G LTE di wilayah penyangga Jakarta dan Bandung, seperti Tangerang, Bekasi, Karawang, Tasikmalaya, Cirebon dan Sukabumi” ujar Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Venusiana Papasi.

Venusiana menambahkan, mengikuti kota Jakarta, pelanggan Telkomsel di wilayah lain kini mulai melakukan migrasi ke layanan 4G LTE, terutama didukung dengan tingkat penetrasi penyebaran perangkat 4G LTE dengan harga yang lebih terjangkau.

Saat ini, jumlah penetrasi layanan 4G LTE, khususnya di wilayah Jabotabek meningkat pesat sejak pertama kali diperkenalkan awal tahun 2015 lalu. Hal ini terlihat dari pertumbuhan tingkat kunjungan pelanggan ke GraPARI dan melakukan migrasi kartu uSIM 4G.

Selain perluasan jangkauan layanan 4G LTE, Telkomsel juga telah menerapkan teknologi terbaru menggunakan spektrum 1800Mhz dengan penggunaan bandwith 15Mhz dan 20Mhz di sejumlah titik potensial di wilayah Jabotabek, seperti di pusat perbelanjaan, tempat wisata dan titik transit massal, seperit terminal, stasiun dan bandara.

(eno/eno)
TOPIK TERKAIT
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER