Dibanding iPad, Apple Lebih Untung Jual Aplikasi

Aqmal Maulana, CNN Indonesia | Rabu, 27/04/2016 14:05 WIB
Secara umum pendapatan Apple dari bisnis digital naik 20 persen, dan angka ini membuat divisi tersebut lebih menguntungkan daripada iPad atau Mac. Secara umum pendapatan Apple dari bisnis digital naik 20 persen, dan angka ini membuat divisi tersebut lebih menguntungkan daripada iPad atau Mac. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendapatan Apple dari layanan digital kini lebih besar ketimbang penjualan Mac. Pendapatan dari iTunes, App Store, lisensi dan berbagai layanan berbasis internet lainnya naik 20 persen dari tahun ke tahun.

Pergeseran ini menunjukkan bahwa Apple bisa saja menambah penghasilan mereka melalui bisnis digital yang mereka kelola. Seperti diketahui bahwa semua perangkat iOS dan Mac sengaja dihubungkan ke semua lini bisnis digital Apple.


Dari seluruh bisnis digital yang ada, App Store merupakan layanan yang tumbuh paling tinggi, pertumbuhannya 35 persen dari tahun ke tahun. Begitu juga dengan iCloud yang terus naik.


"Apple Pay tumbuh pada tingkat yang luar biasa," kata CEO Apple, Tim Cook ketika mengumumkan pendapatan Apple, seperti dikutip dari The Verge.

Ia juga mencatat bahwa ada satu juta pengguna baru yang menggunakan layanan tersebut tiap minggunya.

Meskipun pertumbuhan Apple Pay cukup impresif, CFO Apple, Luca Maestri mencatat bahwa banyaknya jumlah pengguna layanan tersebut belum banyak memberikan banyak kontribusi terhadap pemasukkan Apple.


Layanan digital Apple memang berhasil mengalahkan penjualan Mac dan iPad, namun belum mampu mengalahkan penjualan iPhone.

Saat ini, penjualan Mac sendiri mengalami penurunan sebanyak 12 persen dari tahun ke tahun. Meski begitu, Maestri yakin pangsa pasarnya masih bisa tumbuh walaupun kuartal ini industri PC sedang lesu.

Biasanya, penjualan Mac bisa mendominasi pangsa pasar PC. Namun angka penjualannya mulai menurun pada kuartal pertama dan kuartal kedua tahun fiskal 2016.

(eno)