Penjualan iPhone Turun, CEO Apple Yakin Badai Pasti Berlalu

Susetyo | CNN Indonesia
Rabu, 27 Apr 2016 12:13 WIB
Kendati penjualan iPhone sedang menurun dalam triwulan terakhir, CEO Apple Tim Cook masih optimis masalah ini akan segera berakhir CEO Apple Tim Cook (Justin Sullivan/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- CEO Apple Tim Cook angkat bicara mengenai turunnya penjualan iPhone untuk pertama kalinya dalam laporan terbaru perusahaan tersebut.

Dalam sebuah wawancara terbaru, sejumlah media menanyakan mengenai kondisi ini. Cook pun merespon dengan menyalahkan ekonomi global sebagai biang keladi dari penurunan ini.

"Pasar ponsel pintar saat ini seperti Anda tahu sedang tidak berkembang. Namun, pandangan saya memang kondisi makroekonomi di sejumlah negara memang sedang tidak bagus dan kami sangat optimis ini akan segera berlalu," ucap Cook, seperti dikutip dari Business Insider.

Pada kuartal pertama 2015 Apple berhasil menjual iPhone sebanyak 61,2 juta unit, sementara pada kuartal pertama 2016 analis memperkirakan iPhone hanya terjual 51 juta unit.

Dengan turunnya penjualan iPhone, maka hampir bisa dipastikan seluruh pendapatan Apple pun juga ikut turun. Pasalnya, iPhone merupakan penyumbang terbesar dari seluruh pendapatan Apple

Kendati demikian, Cook mencatat bahwa perusahaan melihat penjualan dari sisi upgrade dari pengguna iPhone lawas, khususnya di beberapa daerah. Dia melihat perpindahan dari iPhone 5s ke iPhone 6 termasuk cepat.

"Semua dari kita tahu bahwa siklus iPhone 6 adalah siklus yang cepat dari sisi upgrade, "kata Cook.

Dia juga mencatat bahwa lebih banyak orang  beralih ke iPhone dari perangkat lain dalam 6 bulan terakhir. (tyo/tyo)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER