iOS 10 Beri Ruang untuk Kontrol Smart Home Device

Susetyo, CNN Indonesia | Selasa, 10/05/2016 03:38 WIB
HomeKit merupakan platform yang memungkinkan pengguna iOS mengontrol perangkat Smart Home melalui iPhone ataupun iPad. Ilustrasi ( Justin Sullivan/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak lama lagi Worldwide Developer Conference (WWDC) 2016 akan digelar. Salah satu yang paling dinanti tentu saja pengumuman iOS 10 dan fitur barunya. Belum juga diumumkan, sejumlah fitur di sistem operasi itu mulai bocor.

Ada rumor menyebutkan, iOS 10 akan memberikan ruang untuk pengguna iPhone ataupun iPad mengontrol perangkat Smart Home. Sebab, Homekit konon akan menjadi aplikasi yang berdiri sendiri.

Kabar angin tersebut yang belum sahih itu dihembuskan oleh salah satu karyawan Apple yang tak mau menyebut namanya itu. Dia sendiri merupakan karyawan dari Departemen Marketing Apple.


"Saya bekerja di marketing untuk Apple. Kami melakukan ujicoba banyak perangkat Smart Home, khususnya yang terintegrasi dengan Homekit," tulisnya di salah satu laman Amazon.

Entah sengaja atau tidak, dia menyebut platform Homekit akan mempunyai terintegrasi dengan perangkat dan aplikasi sendiri. Ya, aplikasi HomeKit akan berdiri sendiri layaknya Apple Watch dengan WatchOS Kit.

Informasi ini belum tentu benar, karena bisa saja Apple mengubahnya jelang rilis iOS 10.

Ada beberapa rumor terakhir menunjukkan Apple akan melakukan debut aplikasi HomeKit secara publik, tetapi aplikasi tersebut belum terwujud meskipun apple telah lama menggunakan aplikasi HomeKit di kalangan internal.

(tyo)
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK