Waspada, iOS 9.3.2 Bawa Bencana untuk iPad Pro

Aqmal Maulana, CNN Indonesia | Kamis, 19/05/2016 10:35 WIB
Waspada, iOS 9.3.2 Bawa Bencana untuk iPad Pro Tablet iPad Pro sedang terhubung di aksesori papan ketik fisik dalam acara peluncurannya di Cupertino, California, AS, pada 21 Maret 2016. (REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sistem operasi mobile iOS 9.3.2 yang baru saja diluncurkan oleh Apple pada 16 Mei 2016 kemarin ternyata membuat iPad Pro varian 9,7 inci tidak bisa berfungsi dengan semestinya.

Setelah melakukan update sistem melalui metode Over-the-Air (OTA), sejumlah pengguna melaporkan bahwa mereka harus berhadapan dengan kode error 56 yang seakan membuat perangkat terkunci alias tidak bisa masuk ke sistem operasi.

Sejumlah pengguna mengeluhkan hal ini ke akun layanan purna jual @AppleSupport di Twitter.


Layar perangkat yang terkena error 56 itu seakan menyuruh pengguna untuk menghubungkan perangkat dengan aplikasi iTunes yang terpasang di komputer.

Dok. Ivan Morote via Twitter

Namun masalah tersebut tak kunjung usai walaupun hal itu sudah dilakukan. iPad masih tidak bisa digunakan dengan normal. Parahnya lagi, sampai sekarang belum ada cara untuk menyembuhkan 'penyakit' ini.

Sejumlah perangkat yang mendapatkan update ke iOS 9.3.2 sendiri di antaranya adalah iPhone 4s, iPod touch (generasi kelima), iPad 2, atau perangkat sejenis yang lebih baru.


Sesuai dengan nomor versinya, tak banyak perubahan yang terjadi dari iOS 9.3.1 ke 9.3.2. Sebagai update minor, sistem operasi terbaru ini kebanyakan ditujukan untuk memperbaiki sejumlah masalah yang ada pada iOS versi sebelumnya.

Beberapa perbaikannya di antaranya adalah:

- Memperbaiki masalah kualitas audio pada perangkat audio berbasis Bluetooth yang terhubung dengan iPhone SE

- Memperbaiki gagalnya mencari definisi arti kata pada kamus

- Memperbaiki masalah saat pengguna mengetikkan alamat email dengan menggunakan huruf Jepang pada aplikasi Mail dan Messages

- Memperbaiki masalah yang mencegah server MDM (Mobile Device Management) untuk mengizinkan instalasi aplikasi custom B2B (adt)


BACA JUGA