Pemerintah AS Larang Warga Foto Selfie dengan Anjing Laut

Aditya Panji, CNN Indonesia | Selasa, 31/05/2016 15:41 WIB
Pemerintah AS Larang Warga Foto Selfie dengan Anjing Laut Ilustrasi. (Stoppe/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musim panas waktu Amerika Serikat (AS) tiba. Sebelum makin banyak warga yang pergi ke pantai, National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) memberi peringatan agar warga AS tak berfoto selfie dengan hewan anjing laut.

Lembaga yang mengurusi atmosfer dan laut di AS ini juga mengimbau warga untuk tidak mendekati anjing laut, setidaknya menjaga jarak aman 150 kaki dari anjing laut.

Pada musim panas di New England, NOAA menemukan banyak bayi anjing laut di pantai. Keberadaan hewan itu diprediksi menarik perhatian warga untuk melihatnya, atau bahkan berfoto selfie bersama hewan itu.



Menurut NOAA, warga memiliki risiko tinggi jika berada terlalu dekat dengan anjing laut liar. "Anjing laut memililki rahang yang kuat, dan dapat meninggalkan dampak abadi. Kami telah menerima sejumlah laporan cedera pada manusia karena terlalu dekat dengan binatang selama mengambil foto," tulis peringatan NOAA.

NOAA ini juga memperingatkan bahwa dengan manusia mendekati bayi anjing, hal itu berdampak buruk bagi si bayi dan si induk.

Induk biasanya akan meninggalkan anak dan pantai untuk berburu. Jika sang induk kembali dan melihat anaknya berada dekat dengan manusia, si induk bisa jadi berpikir bahwa kondisi itu tidak aman dan sebagai konsekuensinya si induk bisa menginggalkan bayi mereka.

"Hal terbaik yang dapat Anda lakukan jika ingin membantu mereka adalah menjauhkan diri dari hewan dan menjaga hewan peliharaan Anda menjauhinya (anjing laut), sehingga induk memiliki kesempatan untuk kembali," kata Mendy Garron, koordinator program perikanan wilayah Atlantik di NOAA.

(adt/eno)