Jokowi Ramaikan Tagar #Ramadhan

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Senin, 06/06/2016 12:48 WIB
Jokowi Ramaikan Tagar #Ramadhan Ilustrasi (CNN Indonesia/Aqmal Maulana)
Jakarta, CNN Indonesia -- Media sosial Twitter kerap dijadikan wadah para penggunanya untuk menyampaikan komentar hingga ungkapan sukacita. Tak terkecuali para petinggi negara Tanah Air.

Seperti yang kita tahu Kementerian Agama telah memutuskan 1 Ramadan 1437 Hijriah jatuh pada hari ini, Senin (6/6). Penentuan tanggal tersebut berdasarkan hasil sidang isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama bersama tokoh dan ormas Islam di Jakarta pada Minggu (5/6).

Presiden Joko Widodo tidak mau ketinggalan momentum penyambutan bulan suci Ramadan. Melalui akun Twitternya, Jokowi -- begitu panggilan akrabnya -- meramaikan emoji anyar di layanan mikroblog itu.


"Selamat datang #Ramadhan. Semoga ibadah puasa mempertebal keimanan dan kesalehan sosial kita -Jkw," cuitnya pada Minggu (5/6) sekitar pukul 21.43 WIB.

Tweet Jokowi sambut Ramadan

Cuitannya itu langsung meraih hampir 3.000 retweet dari para pengikut pemilik akun @jokowi ini.

Ada satu hal yang menarik perhatian dari kicauannya, yakni emoji baru Twitter setelah tanda pagar #Ramadhan. Emoji itu berbentuk bulan sabit yang menghiasi masjid.

Dari pernyataan resmi Twitter yang diterima CNN Indonesia, perusahaan teknologi ini kembali merilis emoji edisi Ramadan untuk mewarnai percakapan para pengguna.

Jadi jika pengguna mengetik salah satu tagar #KebersamaanRamadhan, #ramadhan, #bulanpuasa, #puasa, #sahur, atau #bukapuasa, maka emoji bulan sabit dan masjid akan muncul di sampingnya.

Emoji Ramadan ini akan aktif hingga 7 Juli 2016 mendatang.

Selain Jokowi, Menteri Komunikasi dan Informatika turut menyambut Ramadan dan menyapa netizen pagi ini di akun Twitter pribadinya, @rudiantara_id.

"Teman2, memasuki bln Ramadhan, sy mohon maaf lahir & batin. Smg ibadah kita di bln ini mendapat barokah berlimpah dr Allah swt. Wass, ra," cuitnya pada pukul 8.09 WIB.

Tweet Rudiantara sambut Ramadan


Menteri yang akrab disapa Chief RA itu juga cukup aktif berkicau di Twitter untuk sekadar meng-update aktivitas sehari-hari ataupun hal-hal yang berbau dengan teknologi.

Sebelumnya pada 4 Juni kemarin, Rudiantara juga sempat mencuit kegiatannya bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan tengah blusukan di tengah-tengah murid preschool yang sedang bermain coding lengkap dengan sebuah foto.

"Td pagi, bersama Pak Mendikbud @aniesbaswedan tunas2 bangsa yg masih prasekolah tp sudah "mainan" coding :)," cuitnya pada Sabtu lalu (4/6).

Sejauh ini akun Twitter Rudiantara memiliki pengikut atau follower sebanyak lebih dari 40 ribu user, sementara pengikut akun Jokowi telah meraih lebih dari 5 juta pengguna.

(tyo)