Orang Indonesia Suka Belanja Online saat Sahur

Aqmal Maulana, CNN Indonesia | Jumat, 17/06/2016 08:35 WIB
Orang Indonesia Suka Belanja Online saat Sahur Aplikasi ponsel dan situs web layanan e-commerce Lazada Indonesia. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat Ramadan ketika umat Muslim berpuasa ini, waktu dini hari jelang matahari terbit, bukan cuma dimanfaatkan oleh orang Indonesia untuk santap sahur, tetapi juga untuk berbelanja online.

Berdasarkan survei yang dilakukan perusahaan e-commerce Lazada Indonesia terhadap 402 konsumennya di Indonesia, sekitar 78 persen di antaranya mengatakan bahwa waktu setelah sahur dan salat subuh merupakan saat yang pas untuk berbelanja online.

"Jika dibandingkan dengan hari biasa, di bulan Ramadan terjadi peningkatan order hingga 10 kali lipat saat dini hari," kata Florian Holm, co-CEO Lazada Indonesia dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (16/6).



Jumlah order ini mulai meningkat pada jam 3 pagi dan puncaknya terjadi pada jam 4 hingga jam 5 pagi.

Lazada juga mencatat, dari 402 peserta survei, 30 persennya mulai berbelanja sebelum Ramadan dan terjadi peningkatan pada 1 sampai 2 minggu sebelum Idul Fitri.

Selama bulan Ramadan, ada beberapa kategori favorit di Lazada Indonesia. Di antaranya adalah fesyen, peralatan rumah tangga, perlengkapan travel, serta makanan dan minuman.


Sementara untuk rentang umur pembelinya, masih tak jauh berbeda antara saat bulan Ramadan dengan hari-hari biasa.

"Kita tidak melihat adanya perbedaan umur di bulan Ramadan. Tapi konsumen datang mulai dari umur 20 tahun," tutup Florian. (adt)