Server Semakin Dekat, Akses Facebook Semakin Cepat

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Rabu, 29/06/2016 02:55 WIB
Facebook baru saja memindahkan duplikasi server miliknya dari Singapura ke Pusat Data XL di dalam negeri. Logo Facebook ( REUTERS/Dado Ruvic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelanggan XL Axiata diklaim akan semakin cepat saat mengakses Facebook. Sebab, media sosial tersebut baru saja menjalin kerjasama guna memindahkan duplikasi server Facebook dari Singapura ke pusat data milik XL di dalam negeri.

"Facebook adalah media sosial yang paling popular dan salah satu yang paling intens diakses oleh pelanggan XL. Dengan mempertimbangkan trend ke depan di mana konten-konten video akan lebih banyak diakses, termasuk melalui Facebook, maka perlu bagi XL untuk meningkatkan kualitas experience pelanggan," kata Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya, melalui keterangan resminya.

Yessie menambahkan, proyek bersama Facebook ini adalah yang pertama di Indonesia, dan juga belum banyak dilakukan di seluruh dunia.


Dari sisi teknis, dengan memindahkan duplikasi server ke Indonesia, maka akses ke server menjadi lebih dekat sekaligus lebih cepat.

Jika sebelumnya akses ke server Facebook rata-rata yang terjadi delay sekitar 200ms, saat ini delay menjadi kurang dari 8ms. Dalam hal ini, XL menggunakan Data Center di Jakarta dan Surabaya, dengan total kapasitas 60G yang diperuntukkan khusus hanya untuk duplikasi Server Facebook tersebut.

Perbedaan kualitas akan lebih terasa terutama pada saat pelanggan mengakses video di Facebook. Dengan akses video menjadi jauh lebih baik, pelanggan dan masyarakat bisa memanfaatkan fitur Facebook secara lebih maksimal.

Misalnya untuk mendukung bisnis atau kegiatan lainnya dengan memanfaatkan fitur video.

Facebook menjadi salah satu konten digital atau aplikasi yang paling sering diakses oleh pelanggan XL. Trafik akses ke social media pertemanan tersebut mencapai 30 persen - 40 persen dari total trafik data.

 

(eno)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK