Agustus, Lima Planet Akan 'Berbaris' Sejajar

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Sabtu, 23/07/2016 05:50 WIB
Agustus, Lima Planet Akan 'Berbaris' Sejajar Ilustrasi (REUTERS/R. Hurt/Caltech/IPAC/Handout via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fenomena astronomi terkadang memberi kejutan yang tak terduga. Pada Agustus esok, lima planet di tata surya akan berada dalam satu garis sejajar di langit.

Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus akan 'berbaris' sejajar di angkasa pada malam hari usai Matahari terbenam. Kabarnya, fenomena cantik ini bisa diamati dari Bumi dengan mata telanjang.

"Planet lebih redup yang jaraknya lebih dekat dengan Matahari seperti Merkurius dan Venus, akan susah dilihat, sehingga waktu terbaik untuk menyaksikan mereka adalah setelah Matahari terbenam," ujar astronom dari Swinburne University of Technology in Australia, Alan Duffy.


Ia melanjutkan, "lima planet ini akan membentang di angkasa, dan berlabuh di cakrawala seiring terbenamnya Matahari."


Mengutip situs ScienceAlert, Duffy memaparkan fenomena tersebut bisa terjadi karena seluruh sistem tata surya bentuknya datar seperti piringan hitam.

"Jika kita dari Bumi melihat ke arah luar angkasa, kita akan menyaksikan fenomena ini seperti garis lurus yang lebih dikenal dengan sebutan ecliptical plane," jelasnya lagi.

Namun semuanya tentu saja tergantung lokasi di bagian mananya Bumi agar bisa menyaksikan lima planet berbaris sejajar secara sempurna. Setiap wilayah sudah pasti akan berbeda.

Menurut penjelasan Duffy, tantangannya adalah bagaimana agar manusia tidak kehilangan kehadiran Venus atau Merkurius di dalam barisan tersebut.

"Untuk kawasan Australia, waktu terbaiknya adalah pukul 19.00 menjelang akhir Agustus," ucap Duffy.

Sementara untuk kawasan Eropa atau Amerika Utara, mastarakat harus menunggu akhir dari Matahari terbenam sekitar pukul 21.00.

Yang jelas, semakin jauh lokasi dari garis khatulistiwa, maka akan semakin sedikit waktu yang diperoleh untuk bisa menyaksikan lima planet berjajar secara utuh.

Duffy mendorong masyarakat agar tidak ketinggalan untuk menyaksikan fenomena ini, sebab tidak akan ada lagi lima planet secara indah berjajar rapi dalam satu barisan, setidaknya sampai 2018 mendatang. (tyo)