Selamat Tinggal 'Store' di Toko Ritel Apple

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Selasa, 23/08/2016 08:05 WIB
Perusahaan teknologi pimpinan Tim Cook itu menghilangkan sebutan Seorang petugas kebersihan sedang membersihkan bagian luar toko ritel Apple di Hong Kong pada 10 April 2013. (REUTERS/Bobby Yip)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple melakukan perubahan kecil untuk branding bisnis ritelnya. Perusahaan teknologi pimpinan Tim Cook itu menghilangkan sebutan "Store" untuk Apple Store yang terletak di berbagai lokasi.

Apple telah melakukan perubahan tersebut secara online dan kini semua toko ritel fisiknya resmi menghilangkan embel-embel "Store".

Contohnya, toko ritel di Santa Clara, California, kini tak lagi bernama Apple Store, Valley Fair, melainkan Apple Valley Fair. Pun begitu dengan toko ritel di The Grove, Los Angeles, yang kini menjadi Apple The Grove.



Mengutip situs MacRumors, perubahan tersebut berangkat dari peluncuran toko ritel anyar di San Francisco, yakni Apple Union Square.

Apple juga telah mengirim memo untuk para karyawan ritelnya mengenai perubahan branding tersebut.

Apple kemudian disebut-sebut ingin mengubah citra ritelnya agar lebih dari sekadar toko biasa, yakni menjadi tempat berkumpul bagi komunitasnya.


Apple Union Square misalnya, memiliki alun-alun di luar yang dilengkapi oleh penampilan musik akustik serta dinding video berlayar 6K agar para seniman, fotografer, hingga musisi, menginspirasi dan mengedukasi para pengunjung melalui program ataupun acara khusus yang bergulir secara tahunan. (adt)