Super Mario Ramaikan Peluncuran iPhone 7

Bintoro Agung Sugiharto, CNN Indonesia | Kamis, 08/09/2016 08:12 WIB
Ikon game legendaris Super Mario bakal muncul di App Store dalam judul game Super Mario Run. Nintendo memboyong Super Mario ke iOS (REUTERS/Danny Moloshok)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah kejutan terjadi saat peluncuran iPhone terbaru tadi malam. Nintendo mengumumkan ikon game legendaris Super Mario bakal muncul di App Store dalam judul game Super Mario Run.

Pengumuman tersebut dilakukan oleh legenda dunia game yang juga pencipta Super Mario Shigeru Miyamoto ditemani CEO Apple Tim Cook di panggung Auditorium Bill Graham Civic, San Francisco.

"Ajaibnya dari Mario adalah siapa pun bisa memainkannya dan bahkan sekarang kami sudah telah membuatnya lebih mudah," ucap Shigeru.


Antusias tak kalah besar juga ditunjukkan oleh Tim Cook. "Sejak peluncuran App Store, ada yang masih kurang di App Store, tapi saya gembira dia (Mario, red.) sudah datang sekarang," seru Tim Cook.


Mengutip The Guardian, Super Mario Run merupakan jenis endless-running game yang mengharuskan karakternya berlari tanpa henti seperti Subway Surfers atau Temple Run.

Nantinya akan ada dua pilihan mode permainan di Super Mario Run, tipe klasik yang mengharuskan Mario berlari dan mendapatkan bendera serta mode pertarungan di mana para pemain bisa saling berhadapan secara online.
Pencipta Super Mario Shigeru Miyamoto di acara peluncuran iPhone 7 (Reuters/ Beck Diefenbach)
Menurut Shigeru, Super Mario Run dirancang agar nyaman digunakan dengan pengoperasian satu tangan. Entah sedang naik kereta, subway, ataupun saat makan burger.

"Saya ingin semua orang di seluruh dunia bisa menikmati Mario, dan mereka dapat menikmatinya duluan dari iOS," terang Shigeru.


Meski telah diperkenalkan ke publik, permainan ini masih belum bisa diunduh. Saat tersedia resmi, Nintendo memutuskan untuk menjadikan Super Mario Run sebagai game berbayar.

Pemilik iPhone juga bisa memiliki karakter Super Mario lewat stikernya di iMessage baru di iOS 10.

Pengumuman Nintendo di hajatan besar Apple ini ternyata langsung membawa dampak positif bagi para pemegang saham Nintendo. Saham Nintendo melonjak tajam hampir 16 persen menjadi US$32,68 per lembar. Hal tersebut menunjukkan bahwa game ikonik Nintendo ini telah lama ditunggu pasar untuk hadir di perangkat mobile.

Apple dan Nintendo berharap Super Mario Run dapat meniru kesuksesan Pokemon Go yang menjadi game fenomenal di berbagai negara. (evn)