Amazon Bikin Streaming Musik Pesaing Spotify dan Apple Music

Aditya Panji | CNN Indonesia
Kamis, 13 Okt 2016 05:45 WIB
Amazon Music Unlimited menawarkan harga berlangganan yang terbilang murah untuk menggoyang Apple Music dan Spotify. Gedung fasilitas logistik Amazon di Berlin, Jerman, pada 11 November 2014. (JOHN MACDOUGALL / AFP PHOTO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan teknologi Amazon merilis layanan baru streaming musik yang diberi nama Amazon Music Unlimited, Rabu (12/10). Perusahaan ini menawarkan harga berlangganan yang terbilang murah untuk menggoyang Apple Music dan Spotify.

Music Unlimited bakal tersedia untuk anggota Amazon Prime seharga US$7,99 per bulan atau US$79 per tahun, di mana ini lebih murah dari Apple Music dan Spotify yang mematok US$9,99 per bulan. Amazon Prime sendiri merupakan program keanggotaan bagi untuk bisa menikmati ekosistem layanan Amazon.

Lebih murah dari itu, jika konsumen memainkan Music Unlimited dari perangkat speaker pintar Amazon Echo yang dibekali peranti lunak kecerdasan buatan, maka harganya menjadi US$3,99.



Wakil Presiden Amazon Music Steve Boom, meyakini Echo akan menjadi perangkat rumah pintar yang jadi sumber utama pertumbuhan industri musik karena perusahaan telah membangun sebuah sistem pintar untuk kontrol suara pada Echo.

"Tahap pertama pertumbuhan streaming musik didorong hampir seluruhnya oleh smartphone," katanya kepada Reuters. "Kami percaya cukup kuat bahwa fase berikutnya pertumbuhan streaming musik akan datang dari rumah."

Harga murah yang ditawarkan Amazon ini diyakini Boom akan mampu memperluas pasar mereka. Untuk pelanggan yang tak mengikuti program keanggotaan Prime, maka dikenakan biaya US$9,99.


Pada intinya Amazon Music Unlimited sama dengan layanan streaming lain, di mana pengguna bisa mengakses katalog lagu lalu memainkannya. Ia juga dibekali dengan algoritma khusus yang akan merekomendasikan lagu sesuai selera pendengar.

Music Unlimited memungkinkan pengguna mengunduh lagu di latarbelakang agar konsumen bisa tetap mendengar musik ketika tak tersedia koneksi Internet. Selain itu, ada pula integrasi lirik.

Amazon berencana untuk merilis paket berlangganan US$14,99 per bulan atau US$149 per tahun untuk keluarga yang terdiri dari enam akun. (yns/adt)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER