iPhone 'Made in India' Menuju Kenyataan?

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Selasa, 20/12/2016 23:47 WIB
iPhone 'Made in India' Menuju Kenyataan? Ilustrasi iPhone. (Picjumbo/Viktor Hanacek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rencana Apple bisa memproduksi iPhone di Tanah Hindustan mungkin bisa menjadi kenyataan.

Sebuah sumber dari pemerintah India yang tak mau disebut namanya membocorkan, Apple sedang dalam proses diskusi dengan otoritas setempat mengenai rencana produksi iPhone di sana.

Dilaporkan oleh Wall Street Journal, pembahasan potensi manufaktur iPhone di India ini berawal dari Apple yang mengirimkan surat ke pemerintah India pada November lalu.


Isi suratnya menyebut rencana Apple untuk memproduksi iPhone langsung dari India. Perusahaan pimpinan Tim Cook itu juga menyatakan harapan insentif dana dari pemerintah setempat.

Tampaknya manufaktur iPhone di India merupakan hal penting bagi Apple, karena perusahaan ingin harga jual iPhone di pasar India bisa lebih murah. Diketahui pemerintah India memang memasang pajak tinggi untuk produk elektronik impor demi mendorong produk lokal.

Sejak Narendra Modi menjadi Perdana Menteri India pada 2014, inisiatif penting pemerintah adalah bertajuk "Make in India" yang tujuannya mendorong perusahaan asing mau merakit produknya di dalam negeri.

Sementara kebanyakan produk Apple diproduksi oleh mitra manufaktur Foxconn asal Taiwan. Foxconn sendiri sejak Mei lalu dinyatakan telah sepakat membangun fasilitas baru di India untuk membuat iPhone.

Selama iPhone tak kunjung diproduksi di dalam negeri, maka harga iPhone tetap tinggi untuk konsumen India, bahkan menjadi yang termahal jika dibandingkan negara-negara lain.

Sampai saat ini belum ada informasi resmi lebih lanjut mengenai rencana manufaktur di India, apakah untuk semua lini iPhone atau hanya fokus pada seri harga terjangkau saja. (hnf/tyo)