Ragam Desain Pintu Mobil Mewah yang Mendunia

Tachta Citra Elfira, CNN Indonesia | Jumat, 23/12/2016 06:56 WIB
Ragam Desain Pintu Mobil Mewah yang Mendunia Ilustrasi mobil yang mengusung pintu Dihedral Door. (REUTERS/Stringer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jika memandang mobil mewah atau pun supercar alias mobil super, tentu hal pertama yang menarik perhatian adalah tampilan eksteriornya.

Eksterior yang biasanya menggoda melingkupi lekuk bodi nan indah, balutan warna yang penuh gaya, hingga desain pintu.

Kali ini CNNIndonesia.com mencoba merangkum ragam pintu mobil yang sering melengkapi keindahan eksterior dari mobil super nan mewah.



Suicide Door

Model pintu Suicide Door pernah dipakai oleh mobil Mazda RX-8 dan Rolls Royce.

Suicide Door menyuguhkan desain yang saling berlawanan arah. Ia tergolong memiliki model yang cukup aneh, tetapi pintu jenis ini bisa memudahkan penumpang belakang untuk memasuki area kabin.


Dihedral Door

Model ini menjadi salah satu desain terbaru dalam dunia pintu mobil. Namanya diambil dari geometri dengan model pintu yang dapat dibuka ke samping, lalu ke atas.

Pintu jenis Dihedral Door memiliki engsel pada pilar A yang dapat membantu mengangkat seluruh perangkat yang tertanam pada mobil.

Mobil yang pertama kali menggunakan model pintu ini adalah Koenigsegg.


Swan Door

Pintu model ini memang banyak dijumpai pada umumnya pintu mobil. Bedanya, pintu ini memiliki arah buka ke samping, dengan sedikit mengarah ke atas.

Kelebihan Swan Door adalah intensitas kerusakan yang lebih kecil dibanding pintu model lainnya.

Sederet mobil yang menggunakan pintu ini adalah Pagani Huraya Roadster, Hennessey Venom GT, dan Chevrolet Corvetter Stingray.

Produsen mobil asal Inggris Aston Martin pun turut menggunakan Swan Door untuk sejumlah produknya, di antaranya tipe DB9, DB10, DBS V12, DBX, One-77, Rapid, Vantage, Vanquish, Virage, dan CC100 Speedster.


Butterfly Door

Ssuai dengan namanya, sistem pintu model kupu-kupu ini memungkinkannya digerakan ke arah luar lalu ke atas untuk meningkatkan akses, sehingga di ruangan sempit pun pengemudi bisa leluasa keluar masuk mobil.

Mobil yang menggunakan sistem pintu ini antara lain, Saleen S7, McLaren, McLaren F1, Mercedes Benz SLR dan Ferrari Enzo.

Contoh mobil mewah berpintu desain butterfly.Contoh mobil mewah berpintu desain butterfly. (REUTERS/Tim Chong)

Glluwing Door/Falcon Door

Desain pintu ini terinspirasi dari gerakan kepakan sayap burung camar.

Desainnya mampu mengingatkan kita kepada nama produsen mobil Jerman Mercedes-Benz sebagai yang pertama mengaplikasikan model ini.

Mobil itu adalah Mercedez-Benz 300SL yang legendaris.

Lalu, pengusung pintu model Falcon yang terkenal adalah mobil listrik Tesla model X yang menggunakan pintu jenis ini pada pintu belakang.


Scissor Door

Bila pintu model Gullwing identik dengan Mercedes-Benz, lain halnya dengan pintu model gunting atau Scissor Doors.

Desainnya mampu mengingatkan orang pada Lamborghini karena produsen ini adalah yang pertama kali mengusung Scissor Door.

Mobil Lamborghini yang mengusung pintu Scissor Door.Mobil Lamborghini yang mengusung pintu Scissor Door. (REUTERS/Faisal Al Nasser)

Pintu jenis ini tergolong klasik. Desainer asal Italia bernama Marcello Gandini memberikan temuan baru mengenai bentuk pintu Scissor pada tahun 1868 di ajang Paris Motor Show.

Ia kemudian merancang sebuah mobil berkonsep Carabo berbasis Alfa Romeo Tipp 33.

Scissor Door kerap dianggap mampu memberi efek keren dan elegan, serta berhasil menciptakan sensasi mengendarai mobil mewah nan sporty. (hnf/tyo)