XL Siagakan Mobile BTS untuk Akali Suplai Listrik di Bima

Bintoro Agung Sugiharto, CNN Indonesia | Jumat, 23/12/2016 21:41 WIB
XL Siagakan Mobile BTS untuk Akali Suplai Listrik di Bima XL mensiagakan mobile BTS di beberapa titik bencana banjir bandang di Bima. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Terhentinya sebagian pasokan listrik di wilayah bencana banjir bandang di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, mendorong operator seluler XL Axiata mensiagakan Mobile Base Transceiver Station (MBTS). Pasalnya, sejumlah BTS milik XL di sana saat ini padam.

MBTS jadi pilihan XL lantaran banjir masih mengepung lokasi BTS. Dari pernyataan resmi XL, ada sekitar 50 persen dari total BTS yang tersebar di Kota dan Kabupaten Bima serta Kabupaten Sumbawa padam akibat banjir kali ini.

XL meletakkan MBTS ini di beberapa titik strategis untuk menjangkau lokasi bencana.


Selain mensiagakan MBTS, XL berupaya mempertahankan kinerja BTS-BTS yang masih hidup. Mereka menyebar petugas untuk melakukan tugas itu.

"Petugas XL masih terus berusaha keras untuk menjaga BTS-BTS yang ada di lokasi agar tetap beroperasi dan melayani masyarakat yang membutuhkan sarana komunikasi," ujar Desy Sari Dewi, Vice President XL East Region lewat keterangan resmi, Jumat (23/12).

Bagi sebagian BTS yang padam, XL masih menunggu bajir surut guna memperbaikinya. Saat surut nanti, petugas mereka akan menyalakan BTS kembali dengan portable genset. Namun XL tak menutupi kemungkinan BTS mereka di lokasi banjir sudah rusak.

Secara umum XL menyatakan sebagian besar BTS mereka di sekitar Bima masih beroperasi dengan baik. Untuk di titik-titik banjir, XL bakal menyediakan portable genset.

Setelah banjir bandang menimpa Bima dan sekitarnya, aliran komunikasi dari dan ke dalam lokasi bencana terhambat. Tak hanya XL, jaringan operator seluler seperti Telkomsel juga nyaris tak berdaya di sana.

"Sehubungan dengan gangguan telekomunikasi yang dialami oleh sebagian pelanggan di wliayah Bima NTB dan NTT, kami mohon maaf," ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati melalui pernyataan resminya.

Telkomsel terpaksa harus memadamkan beberapa BTS mereka agar terhindar dari kerusakan permanen akibat banjir. (evn/evn)