Kaleidoskop Otomotif 2016

Deretan 10 Mobil Paling Impresif di Dunia Sepanjang 2016

Hafizd Mukti, CNN Indonesia | Rabu, 28/12/2016 08:08 WIB
Jaguar XKSS, adalah mobil yang dibuat ulang dengan metode yang sama saat pertama dibuat pada 1957. (Courtesy Jaguar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Brexit, Donald Trump dan wafatnya legenda-legenda dunia mewarnai 2016. Debat politik dunia membuat mata dunia terpana dan kemurungan atas kekalahan dari favorit juara. Namun di sisi lain, manufaktur tetap menundukan kepala untuk membuat kendaraan yang benar-benar luar biasa.

Maka, inilah 10 mobil paling impresif, bertenaga, menginspirasi dan menakutkan sepanjang 2016 atau mungkin membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih baik.

Jaguar XKSS

10 Mobil Paling Impresif di Dunia Sepanjang 2016Jaguar XKSS yang kembali dirakit di 2016. (dok. Jaguar)

Didahului oleh Le Mans yang menaklukan D-Type, dan diikuti E-Type yang disebut mobil paling indah di dunia yang pernah dibuat oleh Enzo Ferrari, maka Jaguar XKSS  tidak pernah bersinar. Namun, saat mobil itu dibuat ulang oleh British Manufacturer's Jaguar Classic Divison pada 2016, maka semuanya berubah.



Kebakaran di Browns Lane di Coventry menghancurkan sembilan dari 25 mobil original yang pernah dibuat. Jaguar memutuskan untuk membuat sembilan mobil yang hancur dengan menggunakan tangan seperti yang dilakukan pada 1957 dengan material yang sama. Setiap mobil terjual Rp20 miliar, dan satu di antaranya dimiliki oleh Steve McQueen yang diklaim berharga puluhan juta dolar.

Bugatti Chiron

10 Mobil Paling Impresif di Dunia Sepanjang 2016Bugatti Chiron mobil jalanan dengan kekuatan paling besar di planet bumi saat ini. (dok. Bugatti)

Beberapa orang telah merasakan sensasi dorongan mesin Buggati Chiron. Bukan untuk menganggap remeh generasi sebelumnya, Veyron, Chiron adalah penerus yang memberikan kepedihan bagi generasi terdahulu.

Di dalam, Anda bisa mendapatkan berlian satu karat yang menghiasi empat speaker dengan emblem khas Bugatti yang terbuat dari perak murni. Sebagai gantinya Anda harus membayar dengan harga sekitar Rp40 miliar untuk bisa meluncur dengan mesin berkekuatan 1,479 tenaga kuda.


Kekuatan sebesar itu membuat semua pabrikan mobil di dunia ini hanya sebatas dongeng dan akselesasi 0-124 mil/jam dalam 6,5 detik membuat mobil lain berlari sangat pelan. Tak heran memerlukan delapan radiator untuk membuat mesin 8.0 liter Bugatti ini tetap dingin.

McLaren 540C
10 Mobil Paling Impresif di Dunia Sepanjang 2016Mobil "murah' McLaren 540C. (dok. McLaren)

Mobil murah McLaren terdengar sangat bodoh, namun kehadiran 540C jatuh pada lubang yang tepat dan menjadikannya mobil yang menawan di kelas sportcar dengah harga yang sangat murah untuk sebuah McLaren.


Mampu berlari dengan kecepatan 0-124 mil/jam di 10,5 detik bertenaga 533 tenaga kuda bermesin 3,8 liter twin turbo memberi sensasi mahal, meski tidak semahal McLaren pada umumnya. Seperti sebuah mobil F1, 540C dibalut karbon fiber agar tetap ringan dengan kecepatan paling tinggi di 204 mil/jam atau lebih dari 300 km/jam. Seharga 126 ribu poundsterling membuat 540C sangat masuk akal.

Alfa Romeo 4C Spider
10 Mobil Paling Impresif di Dunia Sepanjang 2016Alfa Romeo 4C Spider (dok. Alfa Romeo)

Jarang mendengar Alfa Romeo berseliweran, namun kali ini 4C Spider hadir dengan karakteristik yang tajam. Elegan, kompak dan diberkati dengan pesona dari tangan-tangan Italia, yang seakan sengaja dirancang dengan prioritas estetika.

Tetapi lima menit berkendara membuat lengan Anda kelelahan, dengan titik lemah power steering yang kekurangan tenaga. Telinga Anda cukup terganggu dengan bising mesin dan keluar masuk mobil yang sulit karena area yang rendah. Namun di 2016 semuanya telah dihilangkan.


Kesempurnaan 4C Spider telah mempu menghemat berat dan menjadikannya mobil paling brutal dan murni yang bisa dibeli saat ini.

Ferrari GTC4Lusso
10 Mobil Paling Impresif di Dunia Sepanjang 2016Ferrari GTC4Lusso. Embrio baru Ferrari empat tempat duduk. (dok. Ferrari)

Ferrari adalah bentuk persamaan antara kehandalan balap dan desain orang-orang Italia, itulah mengapa 2011 Ferrari melakukan langkah yang 'aneh'. Dengan empat penumpang berpenggerak empat roda, jadi antitesis dari kreasi Ferrari. Beruntungnya, GTC4Lusso adalah sesuatu yang sensasional.

GTC4Lusso mempertahankan sistem pengereman yang galak dengan revisi bobot mobil bermesin 6.3 liter V12 yang terkuci. GTC4Lusso hanyalah sebuah bentuk yang lebih baik dengan desain yang agresif dan peningkatan kinerja secara keseluruhan.


Anda bisa membawa keluarga bepergian dengan kecepatan 207 mil/jam atau lebih dari 300km/jam (tidak disarankan), yang hanya bisa dilakukan oleh sebagian kecil pabrikan mobil saja. (pit/pit)
1 dari 2