Donald Trump jadi Inspirasi Nama Serangga Baru

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Sabtu, 21/01/2017 08:22 WIB
Donald Trump jadi Inspirasi Nama Serangga Baru Neopalpa donaldtrumpi (ZooKeys/Vazrick Nazari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sosok pemimpin dunia memang mampu menginspirasi banyak hal, tak terkecuali serangga jenis ngengat yang baru ditemukan ini.

Ahli biologi Vazrick Nazari belum lama ini mengidentifikasi ngengat berukuran cukup lebar dengan tampilan yang terbilang unik.

Mengutip situs The Independent, ngengat ini masih satu relasi dengan spesies Neopalpa neonata. Meski begitu, Nazari menamainya Neopalpa donaldtrumpi.


Ya, nama ilmiah bagian belakangnya betul-betul donaldtrumpi. Terinpsirasi dari presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump.


Neopalpa donaldtrumpi memiliki kepala yang halus, seakan memiliki rambut putih dengan sisik berwarna kuning. Sekilas, warna kepala serangga ini memang perpaduan antara kuning campur jingga.

Sementara tubuhnya berwarna putih dengan sayap coklat keabu-abuan.

Selain itu, Neopalpa donaldtrumpi ini memiliki alat kelamin yang lebih kecil dibanding spesies saudaranya, neonata.

Berdasarkan penuturan Nazari, Neopalpa donaldtrumpi biasa ditemukan di California bagian selatan dan di sepanjang garis pantai menuju Baja California di Meksiko.

Tidak ada penjabaran lebih lanjutnya mengenai alasan Nazari memberi nama ngengat itu dari nama Trump. Namun, netizen menduga karena warna fisiknya yang menyerupai Trump.

(hnf/tyo)