Hugo Barra Hengkang dari Xiaomi

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Senin, 23/01/2017 14:46 WIB
Hugo Barra Hengkang dari Xiaomi Hugo Barra memutuskan hengkang dari Xiaomi untuk kembali ke Silicon Valley. (Foto: CNN Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabar mengejutkan datang dari Xiaomi saat VP of International Hugho Barra secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari perusahaan.

Melalui akun Facebook pribadinya, Hugo mengumumkan bahwa dirinya tidak lagi menjadi bagian dari Xiaomi setelah perayaan tahun baru China akhir Januari nanti.

Dalam surat terbukanya itu, Hugo mengumumkan rencananya untuk kembali berkarya di Silicon Valley, California, AS. Bukan hanya itu, ia juga mengunggah sejumlah foto kebersamaannya dengan sejumlah komunitas dan tim Xiaomi selama 3,5 tahun terakhir.



Pria asal Brazil ini menggambarkan keberadaannya selama 3,5 tahun dengan Xiaomi sebagai sebuah 'petualangan penuh tantangan dalam hidupnya'. Pada tahun 2014 sebelum Hugo bergabung, Xiaomi merupakan perusahan yang belum melakukan ekspansi ke negara lain seperti saat ini.

Bergabungnya Hugo Barra pada Agustus 2013 sempat dianggap sebagai salah satu keputusan paling gila. Bukan tanpa alasan, Hugo dianggap gila karena rela melepaskan karirnya bersama Google demi bergabung dengan startup asal Beijing.

Namun keberadaannya sebagai pentolan Xiaomi sukses menjadikan perusahaan tersebut kian besar.


Saat ini Hugo menegaskan Xiaomi telah melakukan ekspansi ke India, Indonesia, Singapura, Malaysia, Rusia, Meksiko, Polandia, hingga Amerika Serikat.

Otomatis hal itu juga turut mendongkrak angka penjualan ponsel Xiaomi. Seperti diketahui pada tahun 2012 'Apple China' tersebut hanya menjual 7.5 unit ponsel dan membengkak menjaid 61 juta unit di tahun 2014.

Hugo memang tidak memberikan alasan secara tegas, apakah ia akan berkarir untuk salah satu perusahaan teknologi di Silicon Valley atau mendirikan startup sendiri.

Menurutnya, salah satu alasan ia kembali ke California yakni untuk berada lebih dekat dengan keluarga. (evn/evn)